Langsung ke konten utama

Tentang Thoriqoh -Catatan Guru Gembul

 

Istilah Thoriqoh, istilah Hakikat itu kan produk budaya masyarakat saja. Kita sebenarnya secara spiritual terhubung dengan Alloh Swt Tuhan yang maha kuasa  dengan cara kita sendiri. Nah thoriqoh dan sebagainya itu kan jalan. Misalkan kita menemukan jalan yang lain, gak papa... thoriqoh juga banyak, jalan juga banyak. 


siap, tapi saya ini loh agak-agak ngeblank sebentar ketika sampean itu diundang tariqoh itu. Menurut saya iya itu mengherankan sekali beneran Karena saya mengikuti channel sampean itu kan cukup lama ini kayaknya apa namanya banyak diserang dari kalangan thoriqoh bukan hakikat 


Kelompok tarqoh yang menyerang itu ya kan kalau tarqoh asli itu enggak mungkin berbicara pada masalah-masalah

pada masalah-masalah yang detail pada masalah-masalah yang ritual gitu mereka

kan udah lepas dari pahaman ritual kalau misalkan bahas tentang tariqah itu kan ada di level berikutnya setelah bahas

tentang Syariah gitu kan Syariah hakikat yang semacam itulah kemudian Nah kalau

misalkan masih membahas tentang anda tidak tahu apa-apa soal tikoh dan sebagainya ya dia berarti belum masuk

level thqoh dia baru masuk level Syariah karena masih ngebahas masalah-masalah Syariah berarti di kalangan thqoh

sendiri itu oknum mereka nyebutnyaoknum itu

ya saya sih mengiranya Intinya kalau orang-orang yang sudah memiliki wawasan

dan pengetahuan yang memadai mereka akan fokus pada esensi pada

em diskusi-diskusi yang masuk pada ranah intelektual tetapi tidak masuk pada ranah emosional. Jadi kalau misalkan kita masih marah-marah ya masih emosional kalau masih emosional berarti kemampuan intelektualitasnya belum tinggi kalau kemampuan intelektualitasnya belum tinggi berarti tareikahnya juga belum jalan. Landasan sederhananya begitu. 


Siap tapi sebetulnya yang mau saya tanyakan bukan itu itu basa-basi aja yang tadi Pak Guru Iya ini masih seputar Maulid Nabi Pak guru saya itu agak resah ya dengan ee apa namanya ada yang ada yang membuat saya resah terkait umat Nabi Muhammad dengan umatnya sidarta Gautama Buddha ya Menurut saya ada ee ada yang apa Kayak enggak nyambung gitu sidarta goutama itu kan identik dengan pengikutnya kan orang-orang Chinese pak guru ya betul enggak iya sedangkan Nabi Muhammad itu ya pengikutnya ya kita-kita inilah ya sidartaagatama seorang Petapa tapi pengikutnya itu ekonominya kuat cari duitnya pintar gitu Pak Guru kaya-kaya identiknya seperti itu sedangkan Nabi Muhammad yang notabenya pedagang yang asetnya banyak itu pengikutnya ternyata enggak terkenal mampu mengelola ekonomi atau enggak terkenal kaya atau enggak terkenal ini kenapa kok terbalik gitu Pak Guru 


Iya makanya sering saya sampaikan bahwa umat muslim di dunia sekarang itu adalah umat muslim yang terbalik maka dalam pikiran saya yang paling liar dan ekstrem saya berpikir bahwa Dajal memang sudah lama datang dan membolak-balik kan salah satu karakteristik Dajal itu adalah bahwa dia mampu membolak-balik realitas gitu bolak-balik realitas itu dia bawa surga padahal neraka dia bawa neraka padahal surga dia bawa sesuatu yang hoax tapi dianggap sebagai kejujuran dan apa yang dianggap kejujuran dianggapnya sebagai hoax gitu kan em itu Dajal itu pikirannya seperti itu dan Ini kalau misalkan dalam dunia filsafat ini masuk ke dalam zaman post trut post trut itu adalah kondisi di mana kita sudah tidak lagi memungkinkan untuk tahu mana yang benar dan mana yang salah mana realitas yang nyata dan tidak karena eh pengetahuan kita itu dikuasainya sama makelar sama makelar-makelar pengetahuan jadi prinsip sederhananya gini saya bisa mengetahui bahwa di Madura itu itu banyak orang-orang yang miskin misalkan seperti itu misal pengetahuan itu didapatkan Saya dari mana didapatkan dari saya melihat langsung ke Madura dan saya melihat kondisinya seperti itu 


Nah sekarang saya untuk bisa mengetahui kondisi kemiskinan di Madura Saya tidak harus datang ke sana tapi saya lewat channel YouTube lewat media masa lewat koran dan lain sebagainya atau lewat teman-teman 


nah post trut itu atau Dajal itu itu Jadi dia yang menguasai media dia yang menguasai apa sehingga informasi-informasi yang bisa saya temukan dan dari Madura itu itu ternyata sudah dibajak sudah dipelintir sudah diubah sehingga pengetahuan saya tentang Madura itu berbeda dengan realitasnya. Padahal realitasnyaa seperti itu bisa dilihat sayanya bisa melihat tapi saya melihat Madura lewat media dan media itu dikuasai maka pikiran saya pun akhirnya dibohongin nah ee umat muslim dewasa ini juga seperti itu saya pikirnya seperti itu jadi misalkan. Dalam Islam diwajibkan untuk menjalankan Islam secara sederhana secara mudah yang mempersulit itu dia yang akan dikalahkan yang mempersulit itu salah satu dosa paling besar yang yang mempersulit agama Islam itu adalah e sesuatu yang sama sekali bukan inti dari ajaran Islam bahkan prinsip dari ajaran islam itu adalah kamu bertakwalah semampu kalian itu prinsipnya kan seperti itu kalau misalkan ditanya saya harus bagaim mana ya Rasulullah kemudian dia akan mendapatkan jawaban dari nabi bahwa silakan engkau bertakwa dan beristikamahlah di situ ya cukup sesederhana itu nah sekarang itu dipersulit luar biasa ada kelompok-kelompok yang sengaja mempersulit untuk bisa saya mohon maaf ya I Ya 


Termasuk yang tareqoh-tareikah dan sebagainya ada beberapa bagian di mana Saya tidak setuju itu dan enggak jadi masalah kita dialektika aja mereka itu sengaja untuk mempersulit ajaran-ajaran agama Islam atau misalkan ada kelompok-kelompok yang suka mentafsirkan orang-orang kemudian dilarang untuk membaca al-qur'an sebelum berdialog dengan Ustaz mereka betul ada ada banyak jangan baca hadis jangan baca Quran sebelum kamu nanti harus berdialog dengan guru kami dari guru kelompok Dianya gitu dan akhirnya Islam menjadi sangat susah untuk bisa menjalankan ajaran agama Islam Jadi sangat susah.


Kemudian di dalam Islam juga ada prinsip misalkan em bahwa kita itu harus membiasakan diri untuk introspeksi diri atau biasakan diri untuk e mengevaluasi diri itu adalah kebiasaan-kebiasaan para sahabat sebelum tidur beliau semuanya menghitung amalan-amalan sebelum tidur Muhasabah sebelum tidur berpikir tentang ya Muhasabah itu kan artinya menghitung kan menghitung saya amalan sudah sampai sejauh mana Apa yang belum saya lakukan apa yang sudah saya lakukan bagaimana cita-cita saya ke depan visi misi kehidupan saya seperti apa ibadah Saya harus bagaimana dan sebagainya Itu Muhasabah evaluasi diri semuanya itu harus dilakukan sekarang untuk melakukan evaluasi diri itu kacau karena umat muslim itu sekarang banyak yang berprinsip seperti orang-orang musyrik mohon maaf ya. Berprinsip seperti orang-orang musyrik itu adalah mereka menganggap muslim dan Islam itu sama he muslim kan Islam itu suci sepenuhnya adalah ajaran dari Allah subhanahu wa taala yang disampaikan kepada nabi itu Islam sedangkan muslim adalah yang menganutnya sehingga Islam itu suci bersih tidak mungkin ada kecacatan di situ dalam perspektif Muslim. Sedangkan yang muslim itu sangat bisa tergelincir pada kejahatan sangat bisa tergelincir pada kemaksiatan nah ketika muslim itu dikritik kamu salah itu bisa 

kenapa kamu menghujat umat muslim ya padahal boleh-boleh aja menghujat muslim mengkritik muslim itu boleh-boleh saja. Nah ini ini yang akhirnya hilang dari dunia islam itu Jadi semangat untuk Muhasabah enggak boleh. 


Saya kemarin di Solo saya ketemu sama Emm pemilik pesantren yang besar yang masih sangat muda ee saya sebenarnya manajer saya sih langsung Nanya kepada dia

Kenapa Kenapa pesantren-pesantren di Jawa Tengah Jawa Timur itu itu kotor He banyak penyimpangan seksual di situ kemudian banyak kasus bullying Ada pencurian dan lain sebagainya Kenapa itu menjadi sesuatu yang lumrah nah dia malah marah dengan pertanyaan itu gitu Padahal ya


Pesantren itu itu boleh kita kritik habis-habisan Kenapa karena dia bawa label Islam Jadi siapapun yang bawa label Islam maka dia harus mencapai minimal sangat baik citranya baik apanya baik Jadi kalau Pesantren bawa nama Islam kemudian dia buruk maka dia juga memperburuk citra Islam kalau Pesantren bawa nama Islam kemudian dia baik maka dia akan membawa ee ee citra Islam yang sangat baik begitu kan makanya harus terus-terusan evaluasi harus dikritik kalau berani tapi kan tidak Ketika saya akhirnya mengkritik Pesantren itu ada berapa banyak pesantren yang komplain bikin video reaksi kepada saya menjelek-jelekkan bahwa siapa berani-beraninya nya mengkritik Pesantren ini udah offside sudah dan lain sebagainya gitu nah jadi karena mereka berpikir bahwa Pesantren itu adalah bagian dari Islam padahal Pesantren itu adalah produk budaya yang membawa label Islam sehingga boleh saja dikritik Nah karena tidak mau dikritik kemudian menyusahkan diri sendiri kemudian ee ada ada banyak sekali penyakit dari umat muslim yang juga saya sudah jelaskan di banyak video Nah itu H makanya umat muslim sekarang menjadi terbalik gitu terbalik tuh ya tadi itu ketika misalkan Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam itu berdagang dan ketika sahabat-sahabat nabi itu semuanya berdagang atau dari 10 sahabat utama nabi itu berdagang dan kaya raya tajir melintir luar biasa Nah harusnya umat muslim zaman sekarang juga kaya tapi kenapa miskin Nah karena dibalik jadi misalkan ini Salah satu fenomena pembalikan umat muslim yang di pernah Disinggung juga sama Gus Baha he jadi ee ceritanya gini


kalau muslim sekarang berdoa Doanya itu adalah ya setelah salat gitu ya. Ya Allah semoga Saya pengin eh Saya pengin dapat mobil Saya pengin dapat kekayaan Saya pengin dapat motor gitu dan sebagainya. Nah itu kebalik karena dalam pikiran Gus Baha itu adalah saya berdoa itu adalah Ya Allah saya berdoa supaya saya bisa ee bisa kaya nah ee kayanya Kenapa kayanya itu adalah biar saya bisa khusyuk dalam salat biar saya bisa beribadah lebih baik karena lebih leluasa gitu kan Nah jadi mintanya itu adalah mintanya mendapatkan kekayaan agar mudah ibadah kalau sekarang umat muslim sebaliknya ibadah itu adalah untuk minta kaya minta harta kekayaan gitu Jadi ini adalah sesuatu yang terbalik Jadi sekarang ayo kita kaya sama-sama sama kenapa kalau misalkan kita kaya maka kita bisa berkontribusi terhadap peradaban kita bisa bikin sekolah-sekolah gratis buat fakir miskin kita bisa bikin Panti Asuhan yang menyelamatkan orang-orang yatim kita bisa berdakwah dengan cara bikin teknologi yang sangat luar biasa kalau misalkan kita kaya tapi kan akhirnya kaum muslimin sekarang berpikirnya ngapain kaya kan enggak dibawa ke surga Iya benar benar benar padahal satu-satunya ajaran agama yang ngajarin bahwa harta bisa dibawa mati itu cuman Islam kok bisa kok bisa begitu lah I kan diajarin yang yang akan jadi gini seluruh amalan kaum muslimin itu putus kecuali satu di antaranya itu adalah amal jariah sodekah sodekah jariah itu dan semakin banyak sodqah itu berarti semakin besar amalan yang tidak terputus 

Jadi bagaimana caranya agar kita bisa bersedekah kita berkekuatan kita misalkan sodqah fisik ikut Bangun masjid enggak usah dibayar enggak apa-apa itu sodqah fisik gitu kan kemudian Tapi kan sedqah yang paling umum itu adalah sodekah harta harta itu tidak terbatas kalau misalkan seodekah kita sodekah fisik Ya hanya hanya bisa ngangkat batu tapi kalau misalkan sodekah harta kita bisa berapa masjid dibangun berapa jalan raya dibangun Berapa taman dibangun satu-satunya satu-satunya beneran saya saya saya pernah belajar semua ajaran agama sejauh yang saya ketahui di Indonesia satu-satunya yang punya konsep bahwa amal akhirat itu bisa diperjuangkan Waktu hidup itu bahwa kekayaan di dunia itu bisa dibawa mati itu ya cuman Islam tapi satu-satunya ajaran agama yang kemudian mengingkari itu adalah umat muslim jadi jadi masalahnya itu distorsi Berarti Pak Guru ya distorsi jadi budaya budaya kaum muslimin sekarang itu lebih banyak atas namakan islam tetapi mereka mengkhianati Islam banyak yang seperti itu. 

Kalau misalkan tadi dibandingkan dengan misalkan yang Chinese Kenapa yang Chinese itu kok bisa kaya-kaya bisa tajir-tajir nah yang Chinese bisa kaya-kaya tajirtajir itu sebenarnya bukan budhism jadi Cina bisa maju itu satu di anaranya adalah ketika mereka membantai biksu-biksu jadi dulu dalam revolusi yang di yang dikomandani oleh maet itu semuanya dihancurkan kemudian biksu-biksu semuanya dibantai dan yang masih hidup dikasih kalung orang bsubiksu itu dikasih kalung di tulisan di sininya Kami adalah pembohong terus diarak Nah jadi karena komunis komunis 


Nah jadi akhirnya Cina berkembangnya gara-gara apa Cina berkembangnya gara-gara konfusianis Bukan gara-gara budism. Tapi prinsipnya adalah Kenapa kaum muslimin sekarang malah Tertinggal karena kaum muslim gunakan dalil-dalil agama untuk bisa mengamankan hawa nafsunya mengamankan hawa nafsu itu yang kayak tadi kenapa kamu miskin kan sakit hati Kalau digituin nah Biar tidak terlalu sakit hati tidak merasa bersalah dan tidak apa lalu mengatakan bahwa Oh ajaran agama Islam itu yang paling penting adalah akhirat sedangkan di dunia kita tidak lagi tidak memprioritaskan itu dan sebagainya jadi ada eh saya potong sebentar Pak Guru 

Berarti Cina ini kondisinya kurang lebih ini penangkapan saya ya sama seperti Turki Berarti Pak Guru Cina Eh Turki Emang bagaimana maksudnya soalnya 

Turki kan kelihatannya modern Gitu Ee kayak kayak liberal gitu tapi mereka negara-egara ini apa namanya yang mayoritas penduduknya muslim cuman kalau ngelihat kayak gaya berpakaiannya atau ee kemajuan negaranya itu kayak berbeda dengan dengan negara-negara Islam lainnya gitu 


Iya betul tapi sebenarnya bukan hanya Turki sebenarnya kalau misalkan kita lihat negara-negara Timur Tengah yang lain justru saya melihat bahwa yang yang sangat simbolik Islamnya tuh Indonesia loh. Jadi maksudnya coba kalau misalkan kita lihat kemarin eh perang di Palestin gitu ya siapap yang pakai sorban itu sedikit sekali hampir tidak ada yang pakai sorban yang pakai baju gamis ke sana ke sini itu kebanyakan mereka jans kaos Ya seperti orang orang barat seperti orang-orang Turki itu. Kitalah yang sekarang misalkan menggunakan pakaian-pakaian yang sangat simbolis ajaran agama Islam misalkan begitu ya kita kemudian melihat main ke Jordania kita main ke mana lagi ya Maroko Maroko. Nah misalkan Kalau misalkan Maroko masih masih simbolis tapi di Timur Tengah secara umum ya kayak Jordan kemudian Lebanon ee kemudian Apa itu banyak yang sudah berpakaian seperti kita ini nah tapi kalau misalkan Turki Apakah Turki itu bisa modern dan maju itu gara-gara meninggalkan Islam sama seperti buddhism 


Turki itu trauma berat karena pernah dihancurkan oleh tasawuf oleh tarekat yang tadi itu eranya eranya Utsmani itu Turki Utsmani Iya betul khususnya oleh bektasi dan maulawiyah Oh setelah ini setelah Turki Utsmani itu di zaman Turki.

Jadi jadi gini dulu itu Turki itu jago kuat hebat Jadi kenapa bisa jago kuat hebat karena mereka militernya kuat Bagaimana cara militer mereka kuat itu ada misalkan catatan-catatannya jadi misalkan pasukan jenisari itu Ini yang dari Turki itu kalau mereka latihan memanah panahnya itu kan panah komposit itu bisa sampai 90 kg bisa sampai 12 k tarikannya jadi tentang betapa kuatnya prajurit-prajurit janisari karena setiap mereka narik panah itu 90 kilo gitu sekali tarikan Ya wajar karena pasukan pasukan panah mereka itu harus dihadapkan pada pasukan-pasukan Kristen yang baju besinya tuh full Armor gitu kan jadi memang butuh panah yang juga sangat kuat nah e 

Mereka maju itu karena apa 

Karena latihannya kuat karena teknologi perangnya luar biasa 

karena menerima em teknologi-teknologi terbaru seperti di antaranya adalah meriam orban mereka maju karena itu Turki Utsmani di era kejayaannya 

Nah tetapi ketika mereka memanfaatkan em tarekat-tarekat untuk melatih janisari dirubah jadi gimana caranya supaya kuat

doa-doa nanti baca wirid ini wirid ini wirid ini wirid ini wirid ini

dilanggamkan kemudian nanti gimana caranya supaya panahnya akurat nanti pas memanah 

bacakan ini bacakan ini bacakan ini bacakan ini 


Nah akhirnya apa Turki Utsmani lemah makin lama makin lemah makin lama makin hancur karena yang seperti itu jadi ajaran agama Islam yang seharusnya itu adalah tawakalnya disimpan di belakang he disimpannya di depan betul nah Karena itulah ya jadi perang nanti gimana kalau kita kalah ya serahkan saja pada Allah gini gitu gini gitu gitu ya akhirnya ee peradaban Islam itu em turunnya itu gara-gara itu. Makanya banyak sekali eh orientalis-orientalis Barat itu yang mengatakan bahwa abad kehancuran Islam itu dimulai dari al-ghazali karena al-ghazal lah yang kemudian menjadikan tasawuf itu sebagai kebiasaan umum kaum muslimin Jadi sebelumnya fikih kemudian ee sesudahnya intelektual kemudian sesudah intelektual baru dirubah menjadi tasawuf itu gara-gara Imam al-ghazali katanya kata para orientalis seperti itu


Ya tentu saja sih enggak gitu karena sebenarnya al-ghazali itu adalah orang yang berusaha untuk menjadikan tasawuf itu sebagai bagian dari spiritual Islam karena sebelumnya memang sudah ini banyaklah cerita-cerita tentang Ini kalau misalkan ada di diskusi langsung atau kalau misalkan mau sekarang kita bahas tentang al-ghazali ya boleh seperti itu tapi kan ini begini Pak Guru al-ghazali atau  Syekh Abdul Qadir jalani itu kan sebetulnya ajarannya biasa cuma murid-muridnya yang dia yang yang menyimpangkan saya ini seperti itu sebetulnya enggak mereka ya enggak enggak ada masalah malah ajaran enggak masalah engak ada masalah menenangkan terus ee Bagaimana berpasrah bagaimana bertawakal cuma Kan masalahnya 

Seperti pak guru bilang tadi tawakal nya ditaruh di depan itu Kan masalahnya Iya dan dan ini khusus untuk Syekh Abdul Qadir Jailani semua buku yang beredar di Indonesia khusus Syekh abdulqadir Jailani itu bukan ditulis oleh Beliau langsung tapi ditulis oleh murid-muridnya dari dua orang saya lupa namanya tapi orang-orang itulah yang kemudian membesar-besarkan cerita bukan tentang ketakwaan Syekh Abdul Qadir Jailani bukan soal Bagaimana beliau menuntut ilmu dan sebagainya tetapi tentang kesaktian ya kesaktian Iya kesaktian ini adalah Wali kutub e nanti Wali kutubnya ini punya wali-wali yang begini Itu bisa melipat bumi bisa teleportasi bisa apa ya Itu mah kita enggak tahu itu mah terserah mau benar atau enggak juga Tapi kan itu hak pribadinya beliau itu dan kita enggak usah ngikutin itunya karena itu mah ya ya itu mah keistimewaan yang diberikan secara spesial namanya spesial spesial milik Syekh abdulir ya kita jangan ber hararap itu karena namanya juga spesial namanya juga khusus ya kita Jangan ikutin itu gitu kan Ya cuman ya Kacau alghazali juga seperti itu murid-muridnya itu yang akhirnya banyak yang em ya walaupun sebenarnya juga banyak kritikan-kritikan terhadap eh e alghazali cuman ya akhirnya kita hanya mengikuti itu saja saya kalau misalkan baca buku-buku alghazali yang yang Ihya Ulumuddin aja ya he he ya Enggak masa l Ini kenapa sih biasa-biasa aja gitu ya tapi kenapa sekarang jadi sangat ini gitu jadi saya juga enggak tahu bagaimana cara bacanya kaum muslimin sekarang terhadap kitab-kitab kuno seperti itu gitu.


Tapi kalau Pak Guru nih ngomongin syek abdulqadir Jailani Ya Pak guru percaya enggak kalau ada orang sakti saya membuka kemungkinan untuk itu bisa menghilang bisa terbang itu percaya enggak enggak enggak 

jadi pengetahuan saya itu didasarkan pada pembuktian nah tetapi saya membuka kemungkinan jadi gini Apakah ada orang sakti atau enggak Ya saya ngeblank aja bisa Iya bisa enggak sebelum ada orang yang memberikan keyakinan kepada saya gitu Jadi kalau misalkan Syekh abdulqadir Jailani bisa terbang dan sebagainya ya saya enggak tahu dan saya tidak meyakini klaim yang manaun sebelum ada salah satu klaim itu yang mengatakan atau yang memberikan pembuktian bahwa itu memang benar-benar adaitu benar-benar nyata saya sendiri kan memang pernah berhadapan dengan banyak peristiwa-peristiwa yang enggak masuk akal jadi ya saya secara pribadi jadi ya saya buka kemungkinan aja Untuk itu 

Lagi pula kalau menurut saya kalau yang bisa terbang itu kan orang-orang Saleh pak guru ya Anggaplah Ya anggap yang bisa terbang orang-orang Saleh yang dekat dengan Allah kan gitu kalau ee dia ngaku atau muridnya bilang dia bisa terbang terus kita enggak percaya kan dia enggak mungkin marah pak guruah Mungkin ada orang Saleh marah kan enggak mungkin pak guru ya Iya orang Saleh enggak akan marah dan 

Kalaupun Wali Allah itu ada misalkan ya kalaupun memang ada misal maka dia enggak mungkin bilang-bilang. 

Siap saya mohon maaf kemarin itu bahkan ada yang viral di tiktok ada ada orang yang disebut Wali Padahal dia salat enggak ke mana-mana dia Hampir telanjang tapi disebutnya Wali karena apa Karena ini adalah habib bin anu bin anu bin anu keturunan anu yang air air kencingnya itu wangi dan sebagainya dan itu dia dianggap gila itu karena ya udahlah macam-macam yang aneh-aneh kayak gitu. Dan ketika ketemu sama orang lain dia tangannya dicium kakinya dicium padahal ya mohon maaf. 

Iya Padahal kalau kita enggak percaya pun ya Enggak karena kalau dia betulan Wali kan enggak mungkin marah pak guru.


Ya enggak malah senang dia kalau kitanya enggak percaya cerita-cerita misalkan ya misalkan yang alhalaj gitu ya Ini cerita Wali abad pertengahan gitu ya kita enggak tahu benar atau enggak tetapi setidaknya cerita itu jauh lebih intelek daripada Wali Yang zaman sekarang gitu He kan alhalaj itu oleh sufi-sufi pada waktu itu disebut sebagai wali dan ketika dia di ketika dia dilecehkan dia kan dilecehkannya itu habis-habisan kan diludahin dijelek-jelekin kemudian dalam kondisi tubuh terikat dimutilasi hidup-hidup lidahnya dipotong hidungnya dipotong matanya dicungkil E dan sebagainya dan kalimat terakhir yang bisa dia katakan itu adalah bahwa dia tidak dendam sama sekali pada orang yang melakukan kejahatan padanya dan dia memaafkan siapapun yang telah menyakitinya dan sama sekali tidak ada kebencian gitu nah jadi mau disebut Wali mau disebut cicak mau disebut koruptor disebut pembunuh aliran sesat dan sebagainya dia udah fokusnya enggak ke situ fokusnya itu adalah bahwa dirinya menikmati Cinta Ilahi dan nikmat Cinta Ilahi itu udah benar-benar beda dan dia udah enggak ada hubungannya dengan saya disebut wali atau enggak saya diciumak at enggak ya 

Sekali lagi kita Gak tahu apakah itu wali atau bukan ya itu enggak tahu cuman setidaknya pemahaman waliah di zaman abad pertengahan Islam itu jauh lebih intelek karena prinsip jadi di bukunya alquusyairi itu yang risalah quusyairiah yang itu menjadi pedoman untuk kalangan tarekat itu jadi kan ada beberapa pendapat Bagaimana cara untuk memasuki tarekat ada yang mulainya itu dari sabar ada yang mulainya dari ikhlas gitu nah ada yang mulainya dari Ikhlas itu artinya adalah bahwa dia tidak memiliki motif Apun selain motifahiah karena tidak memiki moun ilahiah dia mau dikatain kayak gimana juga dia enggak akan marah karena motifnya ilahiah dan itu adalah level paling bawah untuk membuka gerbang tarqoh masuk gerbangnya ikhlas 

Jadi level berikutnya udah lebih tinggi lagi daripada itu jadi ketika Misalkan ada orang tarqoh yang sekarang Yang Ah kamu enggak tahu apa-apa soal tarekat ngaji dulu sana dan sebagainya ya itu tarekat Bohongan itu ngaku-ngaku aja Padahal dia sama sekali tidak pernah masuk ke Itu karena setiap ada yang ngomong ah kamu enggak tahu apa-apa ngaji dulu sana itu Kalimat yang mustahil diucapkan oleh seorang mukmin yang Saleh karena di situ ada judul kesombongan he ngaji dulu sana Maksudnya saya sudah ngaji kamu belum silakan ngaji dulu gitu kan. 

Nah jadi kalimat kesombongan itu seatom pun enggak mungkin ada pada orang yang ikhlas dan karena itu gerbang pertama tarqah aja dia belum masuk tapi sudah mengklaim karena ya itu ikutan pengajiannya ikutan selawatannya ikutan ritualnya ya tarqoh bukan gituah tarikah itu itu mah ritualnya itu mah syariahnya aja tapi saya baru tahu sekarang loh detik ini loh pak guru kalau tarqoh itu ternyata hal-hal yang yang bersifat kayak kepasrahan kesabaran gitu Setahu saya thariqoh itu ya yang sifatnya wiritan gitu yang kayak ada di baptis ya semacam gitulah Setahu saya seperti itu ternyata saya salah gitu ya Iya jadi makanya itu jadi ee silakan dibaca misalkan di risalah alquusairiyah saya enggak tahu apakah di Indonesia sudah ada bukunya Kayaknya ada sih 


Nah tapi intinya gini nih jadi pikiran dari kalangan tasawuf Ya pikiran dari kalangan tasawuf itu begini kan yang pertama itu adalah Syariah ini ini produk budaya ini itihad ya itihad dari kalangan tasawuf Jadi silakan diperdebatkan boleh tapi gini yang pertama itu itu adalah syariah 

syariah itu yang mereka pahami itu adalah hal-hal yang berhubungan dengan kehidupan jasmani sesuatu yang terindra sesuatu yang konkrit. Jadi saya salat kemudian misalkan mazhab saya Syafi'i kemudian saya bergerak lebih dari tiga kali di luar di luar ee rukun maka saya batal Nah itu Syariah 


Kemudian masuk ke dalam level berikutnya yaitu hakikat hakikat itu adalah bahwa saya mau menggerakkan sebanyak apapun tidak berpengaruh kepada batal atau tidaknya ee salat saya jadi misalkan gini saya Salat tapi saya ngelamun dalam pikiran orang-orang hakikat itu sudah batal he he karena melamun jadi padahal salat itu adalah bacaannya otak kita pikiran kita adalah zikir kepada Allah subhanahu wa taala begitu Itu hakikat 

Nah tarekat itu itu jalan jalan tarekat itu jalan nah bagaimana bisa agar kita itu Sesudah sampai hakikat itu gimana caranya agar kita bisa mencapai sesuatu yang namanya makrifat nah jalannya itu bagaimana ada ulama-ulama kemudian ulama-ulama tasawuf yang memulai jadi jalan yang pertama itu pintu gerbangnya adalah sabar dulu sabar itu berarti gimana mau kita mau ikhlas kalau kita engak belajar Gimana caranya kita belajar kalau enggak sabar jadi yang mulainya itu adalah sabar jadi sabar itu ada tiga kemudian dijelaskan yaitu sabar sabar untuk menahan kemaksiatan yang pertama jadi pengin maksiat kan itu godaannya besar tapi kita bersabar untuk menahannya sabar untuk melakukan ee ibadah misalkan yang kedua ya kemudian yang ketiga itu adalah sabar ketika kita ee mendapatkan gangguan jadi sabar ee diserang sama orang lain lain kita bisa mengendalikan emosi dan sebagainya itu sabar nah itu level yang berikutnya terus level berikutnya berikutnya berikutnya dan sebagainya gitu ya 


Nah itu tarekat Nah setelah itu masuk ke dalam makrifat makrifat itu adalah bahwa kita sudah sampai pada mengenal Allah nah mengenal Allah itu berarti kita itu sudah tidak lagi memiliki ikatan dengan dunia Kalaupun kita memiliki ikatan dengan dunia dunialah yang membutuhkan kita bukan kita yang membutuhkan dunia dan ikatan kita ya cuma dengan Allah saja dan tidak lagi kita tidak memiliki motif Apun selain Allah kita tidak lagi memiliki Apun Nah kalau misalkan sudah level makrifat itu maka ada kemungkinan orang-orang Tertentu bisa disebut sebagai waliullah itu prinsip prinsipnya nah sekarang itu berubah kita mulai dari yang tasawuf yang pertama tadi ya syariat syariat itu dalam prinsip ajaran agama islam itu tidak boleh bikin hukum baru tidak boleh bikin hukum baru tidak boleh bikin larangan baru kemarin misalkan saya ngobrol dengan orang-orang Wahabi saya tanya kenapa orang-orang Wahabi paling suka bidah orang Wahabi marah loh kami itu adalah orang yang paling menentang bidah saya katakan orang-orang Wahabi itu paling banyak bikin larangan-larangan yang itu tidak ada di zaman Nabi mukbang mereka larang mim mereka larang main bola mereka larang Padahal di zaman nabi itu tidak ada jadi cocokologi misalkan ya seperti itu ya kan itu diskusi aja bukan berarti saling musuhan diskusi aja nah tapi sekarang itu lebih banyak syariah-syariah itu yang merupakan tambahan-tambahan saja bukan awal itu syariahnya sudah terlanggar kemudian yang masalah hakikat masalah yang tasawuf itu sekarang jadi sulap eh tasawuf itu jadi kamu nanti zikir sekian kali nanti kamu dapat ini kamu nantiikir seki kali nanti kamu dapat ini Nah itu udah udah udah kacau terus tarekat tarekat akhirnya apa gimana cara masuk ke tarekat ada tarekat naqsabandi ada tarekat qadiriah ada tarekat Tijani ada tarekat Eh maulawiyah ada tarekat bektasi ada tarekat apa segala rupa 

Nah kita masuk ke situ ketemu sama gurunya kemudian belajar di sana nanti kalau sudah dapat ijazah maka kita masuk maka kita sudah selesai itu tarekat ya Bu Bukan gitu Nah setelah itu nanti tapi tarekat bisa seperti itu adalah yaitu gara-garanya eh alghazali dan Syekh Abdul Qadir Jailani jadi niat yang baik tapi yang kata Akang tadi bilang murid-muridnya ternyata menyimpangkan menggesernya menyimpangkannya ke Iya 

Jadi Apakah Syekh Abdul Qadir Jailani bisa terbang enggak tahu tap dan usah yang kitaak ada orang gitu nanti kamu kalau zikir harus dilepaskan seperti Syekh Abdul qir Jailani lahaallah Nah ada yang satu lagi harus disenyapkan dan akirnya akhirnya bersaing satu sama lain mana yang lebih bagus mana yang lebih ee yang tarikohnya lebih bagus yang itu kemudian tersambung sanadnya sampai Rasulullah ee dan sebagainya dan sebagainya Ya saya pikir sih itu makanya em iya kita harus kembalikan ke ajaran agama Islam yang tidak terdistorsi itu tidak terdistorsi zaman tasawuf itu jangan sulap heeh tapi ee butuh ee tetap ada tasawuf itu maksud pak guru 


Tasawuf itu nama tasawuf itu produk zaman jadi mau kita pakai mau tidak kita pakai istilah itu enggak jadi masalah tapi sabar sabar itu ya harga mati semua manusia perlu Sabar tawakal itu juga seperti itu ya Iya 


Fikih itu engak ada di zaman nabi itu produk zaman tetapi produk zaman itu kita butuhkan Karena untuk salat misalkan kita membutuhkan Dalil dan bagaimana cara melaksanakan dalil itu makanya ahli hadis dan ahli fikih ahli hadis dan ahli Ryu itu kemudian bersinergi Gimana caranya Heeh jadi iya bersinergi seperti itu kan jadi ada di antara mereka yang kemudian saya fokus ke ilmu Hadis saya kasih hadis tuh gini gini gini gini giniini Nah setelah hadis selesai dibukukan kemudian diperlihatkan maka ee ahli fikih itu meramunya bagaimana mengimplementasikan hadis-hadis itu dalam kehidupan saat ini misalkan hadis tentang zakat atau dalil di dalam al-qur'an tentang zakat zakatnya itu disebutkan di situ kan yang boleh itu adalah makanan-makanan pokok kemudian e yang semacam itu nanti di situ ada perdebatan antara Imam Malik dengan Abu Hanifah terkait dengan boleh tidaknya menggunakan uang He He nah kan begitu ya

Nah jadi dalilnya sudah ada Tinggal masuk Fikih Fikih itu adalah bagaimana mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari tapi fikih itu bagaimanapun adalah produk budaya Abu Hanifah boleh kita kritik dan tidak apa-apa Walaupun tentu saja prioritas beliau karena lebih lebih berilmu gitu Ya tentu saja kita prioritaskan pendapat beliau Tetapi kalau kita mengkritik Abu Hanifah tidak jadi masalah itu adalah itihadnya Abu Hanifah juga sangat tidak masalah untuk melahirkan sebuah produk e hukum beliau itu diskusi sampai 1 bulan dengan para murid-muridnya begituun imam Malik boleh enggak dikritik ya boleh saja karena itu adalah produk beliau pikiran beliau dan Imam Malik sangat mempersilakan kalau ada orang yang mau mengkritik dia makanya Imam Malik misalkan 75% pertanyaan yang diajukan kepadanya dijawab dengan Saya tidak tahu Saya tidak tahu Saya tidak tahu e beda dengan ulama zaman sekarang ketika ditanya apa misalkan hukumnya eh langsung Mereka jawabnya lancar padahal Imam Malik kalauka Maaf pak guru Bukan gitu pertanyaan Kalau yang di tvtv Gimana hukumnya mencuri uang suami itu tuh Ya seperti itulah tapi intinya itu tasawuf fikih ilmu kalam kemudian dan sebagainya ituuk budaya sajaakahw itu bag Dar Islam bagian dari tradisi dan budaya Islam secara esensial banyak sekali nilai-nilai tasawuf yang ada juga dalam Islam tetapi tasawuf sendiri itu adalah rumusan sama seperti ee asmaul husna asmaul husna itu

disebutkan di dalam hadis 99 atau di dalam al-qur'an 99 di dalam al-qur'annya


sendiri itu ada lebih dari 100 137 atau berapa gitu asmaul husna tapi kemudian


dirumuskan oleh Hasan Basri sehingga sekarang ada 99 nama Allah dan 20 e


sifat wajib nah 20 sifat wajib itu enggak ada dalam Quran dan Sunah tapi itu


dirumuskan jadi boleh enggak kita misalkan mengkritik Hasan Basri ya bolehboleh saja tapi apakah Asmaul

husnanya itu kita ingkari ya tidak tidak kita ingkari gitulah kurang lebihnya siap Maaf ya saya ngomongnya


terlalu ke sana ke sini ya Enggak saya saya emang biasa kalau e lihat video pak guru tuh jadi panas gitu prosesor saya

jadi panas karena sangat padat sekali gitu Pak Guru ini kita belum bicara tentang

ini ya sejarah nusantara ya dan yang terbaru yang yang terbaru itu ee Kenapa


topik itu saya ee saya tanyakan tadi yang terkait eh Buddha itu walaupun agak

Miss ya meleset ternyata ya tapi ya yang saya lihat beberapa ee bulan ini pak

guru kayaknya sangat sangat antusias kalau kita membahas kalau membahas tentang Bagaimana Cina bisa begitu e

digdaya gitu salah satu kekuatan dunia Salah satu penguasa

dunia ya kalau Cina maju tu ya gara-gara ini ya gara-gara mereka

berhasil menemukan tradisi mereka sendiri untuk mereka gunakan di dunia

modern kita belum bisa untuk itu itu Masalahnya

tuh jadi maksudnya gini nih ee saya jelasin sedikitlah ya Em sekarang Cina itu komunis

atau kapitalis ya Cina sama Cina engak peduli Mau kapitalis mau sosialis karena

dia itu fokusnya adalah pada ee budaya mereka sendiri tradisi mereka

sendiri tradisi mereka sepanjang sejarah itu adalah kalau mereka mengangkat pemimpin maka pemimpin itu harus

otoriter tapi kepemimpinan yang otoriter itu harus bisa mempertanggungjawabkan kepada rakyat dalam dalam tradisi mereka itu disebutnya sebagai tienming he ee tienming itu adalah semacam dalil gitu atau doktrin lah dalil bahwa penguasa itu itu mendapatkan mandat dari langit dari Tuhan jadi si orang-orang Cina sekarang si jinping itu itu mendapatkan mandat dari Tuhan nah tetapi Tuhan akan mencabut mandatnya sendiri ketika dia menyengsarakan rakyat itu prinsip nya Jadi silakan otoriter silakan  apa gunakan kekayaan negara itu semaunya dia tapi kalau misalkan akhirnya alam berbicara Misalkan banyak bencana alam atau rakyat berbicara Misalkan banyak pemberontakan maka Tuhan

akan mencabut atau Langit Itu akan mencabut mandatnya untuk diserahkan kepada pihak lain Nah itu prinsip dari

doktrin tiing itu begitu makanya ketika sekarang Cina otoriter ya enggak apa-apa berarti mereka sudah menemukan

tradisinya kemudian Kenapa masyarakatnya itu adalah justru sangat kapitalis sangat ee senang sama duit sangat senang

sama berdagang ya karena sejak lama mereka itu memang fokusnya itu adalah pada perdagangan fokusnya itu adalah

pada kemakmuran jadi setiap mereka berdoa mereka berdoanya itu adalah Semoga kamu Makmur Semoga kamu kaya

Semoga kamu panjang umur gongsi pacai yang semuanya itu berhubungan dengan kekayaan Jadi kalau misalkan mereka

sekarang sangat kuat secara politik dan sangat hebat dalam kemakmuran ya karena

mereka berhasil menemukan tradisi masa lalu mereka itu untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari orang 


Eropa bisa maju enggak orang Eropa maju sekarang kenapa karena mereka menemukan tradisinya tradisi Apa tradisi greekoroman. Tradisi GreecoRoman itu adalah tradisi Di mana mereka berpikir secara mendalam seperti orang-orang Yunani dan dan beraktivitas bergerak sangat efisien seperti orang-orang Roma. Jadi orang Roma itu sangat efisien ketika misalkan mereka berperang sangat-sangat efisien ketika mereka berpikir seperti orang Yunani orang Yunani itu berpikirnya mendalam jadi ketika misalkan orang Eropa sekarang bisa maju Kenapa mereka bisa maju karena mereka berpikirnya tuh dalam gitu Dan kemudian mereka melaksanakan dalam kehidupan sehari-hari makanya di Eropa jarang ada pembantu Kenapa karena bagi mereka itu tidak efisien Jadi misalkan gini Saya punya rumah tig lantai kemudian saya capek untuk bersih-bersihnya kalau saya mengambil pembantu untuk dipekerjakan di sana maka itu tidak efisien Kenapa karena privasi saya terganggu si pembantu itu malah dapat fasilitas kehidupan di rumah saya karena kemudian saya harus membayarnya mahal daripada seperti itu saya ciptakan alat yang bisa mengurangi beban kerja saya msapu otomatis misalkan begitu ya kemudian bikin rumah yang benar-benar susah untuk kotor sekalinya kotor gampang dibersihkan mereka membuat itu ketika mereka misalkan kena musim dingin yang ekstrem gara-gara gunung tambura di Indonesia meletus kuda-kuda mereka mati kendaraan-kendaraan mereka tidak bisa berjalan. Akhirnya mereka berpikir, Gimana caranya? Akhirnya mereka menciptakan sepeda dan menciptakan sepeda sesudah itu mereka menciptakan sepeda yang bisa berjalan mobil motor dan sebagainya karena mereka berpikir mendalam dan bekerja efisien makanya mereka maju nah Indonesia bagaimana caranya mereka Indonesia bisa maju ya harus menemukan tradisi budaya masa lampaunya biar bisa kuat tapi kan kita tidak tradisi kita itu malah dijadikan lelucon tradisi kita itu dijadikan untuk ngamen 

  • kuda lumping buat ngamen 
  • barongsai buat ngamen 
  • angklung buat ngamen 
  • ondel-ondel buat mengamen 


Jadi yang seperti itu. Sedangkan tradisi kita yang sebenarnya itu hilang sama sekali. Tradisi kita yang yang tradisi kita yang bisa memajukan kita di masa depan itu di antaranya apa? salah satu saya jelaskan begini ya tradisi kita yang bisa membuat kita maju itu adalah bahwa kita adalah pencuri budaya asing terbaik 

Jadi maksudnya pencuri budaya pencuri budaya asing terbaik itu Misalkan gini ya waktu orang-orang Hindu pertama datang ke Indonesia kita itu mencuri budayanya eh arsitektur kita jadi sepenuhnya sama seperti India sistem pemerintahan kita dirubah seperti sistem India bahkan sampai nama raja-raja Nusantara pun nama raja-raja India Jaya sing hawarman balaputra Dewa ya pokoknya mah nama-nama India gitu ya. Nah tetapi pada masa berikutnya setelah diambil itu dimodifikasi dan disesuaikan dengan budaya Nusantara akhirnya apa di masa akhir e zaman eh Hindu Buddha agama Hindu sudah tidak digunakan agama lokal yang berkembang.

Candi2 arsitekturnya sudah seperti candi lokal Punden brundak kayak gitu he udah tidak lagi nama-namanyaudah jadi Hayam buruk gajah m keb anabrang udah jadi Bahasa lokal kita Nah jadi budaya kita itu kalau misalkan ketemu sama bangsa asing budaya asing kita curi budayanya, berkembang di sini modifikasi jadi kita jadi bangsa besar karena kita itu bangsa yang suka nyuri-nyuri budaya lain gitu. 

Jadi misalkan orang Cina datang ke nusantarawa tahu tu gitu jadi makanan nusantara kita ada orang Cina bawa mie Bak mie kita rubah jadi bakso bakso itu itu singkatan bakmi siomai 

Siomainya dari Belanda, mie- nya dari Cina

dimodif di Indonesia akhirnya jadi lebih enak daripada bakmi dan siomai disatuin jadi bakso itu nah jadi tradisi dan budaya kita sebenarnya adalah tradisi dan budaya yang ketika ketemu dengan karena karena Nusantara itu kan wilayah perdagangan bangsa-bangsa asing semuanya berinteraksi di sini gitu Jadi kita itu sudah terbiasa berinteraksi dan ngambil budaya-budaya asing untuk berkembang di sini ya kemudian jadi budaya sendiri nah kan gitu.

Sekarang kita kehilangan itu kita jadi resisten terhadap budaya asing gitu jadi hati-hati produk asing hati-hati apa Padahal terima aja toh Kita nanti sama kita dimodifikasi hal yang paling sederhananya adalah gini bahasa Inggris bahasa Inggris itu tu itu bahasa dari asing ketika sudah masuk ke Indonesia dimodif so what gitu loh heeh heeh so what gitu loh He atau misalkan yang orang Jaksel gitu jujur Li gua enggak gitu gitu itu

jujurly itu istilah dari mana Jadi kemampuan bangsa Indonesia sebenarnya adalah kemampuan untuk menyerap dan meniru budaya-budaya asing untuk kemudian kita modifikasi 


Jadi mungkin enggak kita misalkan 

menyerap tradisi Arab mungkin 

menyerap tradisi Cina yang positif positif mungkin 

dan sebagainya mungkin 


Dan itulah cara kerja kita budaya kita dan akhirnya dari situ kita menemukan budaya yang sangat beragam budaya yang sangat kental kemudian kita akulturasikan kita asimilasikan sehingga menjadi tradisi dan budaya kita yang sendiri jadi bisa dikatakan budaya Nusantara kita itu enggak ada yang orisinal dari kita sendiri semuanya dari asing bahkan batik sekalipun itu dari luar kan begitu ya itu batik itu dari Cina Pak Guru apa


Dari India ada laim dari Cina dan adaim dari India tetapi 

Ya tentu saja kita tidak mungkin membantah klaim2 itu karena memang batik Cina itu lebih tua dan batik india juga lebih tua daripada batik yang di nusantara. 

Tetapi bentuk batik seperti sekarang kemudian dibentuk menjadi yang aneh2 gitu dari mulai blangkon sampai baju dan sebagainya. Itu adalah khas kita jadi otentik ya berarti orang kita ini ahli ngambil budaya orang kita modifikasi jadi otentik gitu ya Iya betul 


Ya seperti itulah kita Gitu bahkan 

bahkan ada budaya-budaya kita yang asli itu itu juga sebenarnya kita sekarang sudah tidak mengenalinya lagi karena kita menganggap itu adalah tradisi asing gitu padahal itu budaya asli kita. Misalkan budaya berlayar, budaya berlayar itu kan pada akhirnya sekarang masyarakat kita jadi masyarakat agraris, ketika misalkan kita berlayar kita berpesiar dan sebagainya Itu jadi agak aneh gitu jangankan berpesiar jangankan keliling dunia Gitu transmigrasi aja yang berhasil cuman orang Jawa gitu orang Bali gagal orang Sunda gagal ee Iya hal-hal yang semacam itu gitu itu baru berantau kalau misalkan berlayir kan beda lagi jauh lebih sulit tapi intinya gitulah berarti ee apa namanya yang harus kita harus mengenali ee apa namanya ciri dari bangsa kita sendiri gitu Pak Guru ya dan sementara ini kita gagal untuk urusan itu Iya betul 


Coba bayangkan kalau misalkan zaman sekarang kita itu adalah bangsa yang suka mencuri budaya-budaya asing gitu Jadi ada iPhone dari luar negeri dari Amerika Serikat kita beli dulu kita bongkar kita teliti kemudian kita akulturasikan dengan eh semangat lokal kita mungkin kita bisa menjadi produsen eh HP yang sangat yang sangat bagus gitu 

Seandainya misalkan ada produk Jepang mobil kita bukannya nolak kita bukan nolak produk asing sih kita langsung beli aja yang banyak tapi beli yang banyak itu kemudian kita modifikasi kita pikirin sesuai dengan tradisi lokal kita dan akhirnya misalkan terciptalah mobil atau motor yang sesuai dengan selera kita bukan selera Jepang gitu 

Kan harusnya kan gitu tapi dan dan nenek moyang kita tuh gitu gitu tapi enggak tahu kita kenapa sekarang tidak mau menjadi seperti itu he 

durasinya Enggak kerasa pak guru ya tapi saya tertarik untuk eh next time kita sharing lagi pak guru ya Eh ya saya mohon maaf ya terlalu banyak ngomungnya sana sini Siap siap siap enggak masalah karena Emang eh apa namanya saya sharing sih Bukan maksudnya imbang ya saya banyak banyak banyak eh Belajarlah dari Pak gurulah eh kita next akan ngomongin yang lebih spesifik eh terkait ya tentang hal-hal yang dekat2 aja dengan kita isu-isu terbaru kalau sekarang kalau kayak sekarang kita bisa ngomongin tentang apa hiruk pikuk eh capres cawapres itu pak guru cuma next time nanti kita 

Lihatlah kita lagi trendingnya apa nih okeah siap siapap ya cuman saya mohon maaf ya kalau misalkan sampai 1 bulan dianggurin sama karena memang ya mohon maaf lah ya semoga dipahami aman aman



Transkrip ini kami dapatkan dari Chanel Youtube Monza Group.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Korupsi dan Penjajahan | Catatan Guru Gembul

  Saya kemarin cerita ke murid2 saya di sekolah , cerita bahwa di Indonesia KORUPSI itu susah untuk diberantas. Misalkan PAK SAMBO divonis sekian tahun penjara. Siapa yang membuktikan? bahwa nanti dia akan tetap tinggal di penjara? saya katakan seperti itu. Mungkin aja dia ganti identitas, terus dia pindah pulau, pindah negara, dan sebagainya. Atau malam2 bisa keluar, kan pernah ada kejadian yang seperti itu. Karena ada contohnya, ada berita yang keluar.    Kan misalkan begitu, ini mah kan hayalan. Kan misalkan begitu...   Putus Asa . Saya katakan, jadi kalau misalkan kita mau memberantas soal korupsi, kita gak bisa bilang bahwa hukuman mati buat koruptor dan sebagainya. Gak sesederhana itu, saya jelaskan bahwa KORUPSI itu begini, begini, begini. Kemudian saya tanya , sebagai guru kan, setelah saya ajukan masalahnya. Kira2 menurut kalian, apa solusinya? Mereka itu kompak jawabnya, pak sudahlah pak, jangan bahas yang kayak gini terus. Kalau misalkan kita mau maju, kita undang lagi pemer

Masalah Pendidikan - Catatan Guru Gembul

  Guru Gembul . Berikan tepuk tangan untuk Bang guru gembul. Emang tinggal di Bandung?  Tinggal di Bandung, saya kan? orang Bandung.  Kirain sudah berkarir di Jakarta.. Saya itu dulu suka main PS. Jadi si avatarnya di dalam PS itu kalau bikin  orang gitu, buat diberantem2in, itu namanya GEMBUL apa gitu. Sedangkan  Gurunya karena guru?  Gurunya  karena saya profesinya  dalam tanda kutip ya, adalah  guru. Sampai sekarang masih mau ngajar?  MASIH..kemarin aja saya ngajar di sekolah.  Tapi itu tetap seperti guru-guru di SD Negeri atau apa? atau gimana? Guru honor  tidak tetap sih. Guru Honor, spill donk... gaji berapa sih? guru honor sekarang berapa?    Iya sekitar 900ribu sampai sejutaan, sebulan. K alau yang temen-temen saya itu bisa sampai 150.000  ada yang 200ribu. Ada juga yang bertahun2 gak dapat? jadi ikhlas aja makanya ya?  Sensasi . Makanya di sini tuh di negeri kita tuh.. Jadi ada orang-orang yang cari sensasi bikin kerusakan moral dan  lain-lain itu gajinya gede banget. Guru tu

Banjirnya Ilmu Pengetahuan | Catatan Guru Gembul

  Disklaimer Ini adalah transkrip dari youtube perbincangan Helmi Yahya dengan Guru Gembul. Jadi kalau mau melihat lebih lengkap, bisa langsung saja ke sumber perbincanganya.    Zaman Media . Sekarang itu zaman media. Jadi kalau misalnya (ada pertanyaan) Pengetahuanya darimana? Itu sebenarnya pertanyaan kurang relevan untuk zaman sekarang. Karena kita (untuk) mengetahui / akses untuk mendapatkan informasi itu banyak sekali kan? (Untuk Zaman) Sekarang pertanyaan yang paling utama BUKAN Darimana kalian mendapatkan Pengetahuan?  Tetapi darimana? (kita mengetahui bahwa) Pengetahuan itu BENAR, Pengetahuan itu bisa DIVERIFIKASI.   Kurasi menjadi penting?  kegiatan mengelola benda-benda dalam ekshibisi di museum atau galeri Iya itu penting. Kan kalau misalkan dalam metodologi ilmu itu, setelah kita mengumpulkan sebanyak mungkin sumber, kita mampu mengkritik sumber itu. Nah kita sekarang, di zaman digital, di zaman cyber, di zaman yang entah namanya apa ini? yang setiap sepuluh tahun itu namp