Langsung ke konten utama

Korupsi dan Penjajahan | Catatan Guru Gembul

 

Saya kemarin cerita ke murid2 saya di sekolah, cerita bahwa di Indonesia KORUPSI itu susah untuk diberantas. Misalkan PAK SAMBO divonis sekian tahun penjara. Siapa yang membuktikan? bahwa nanti dia akan tetap tinggal di penjara? saya katakan seperti itu. Mungkin aja dia ganti identitas, terus dia pindah pulau, pindah negara, dan sebagainya. Atau malam2 bisa keluar, kan pernah ada kejadian yang seperti itu. Karena ada contohnya, ada berita yang keluar. 

 

Kan misalkan begitu, ini mah kan hayalan.
Kan misalkan begitu...

 

Putus Asa
.

Saya katakan, jadi kalau misalkan kita mau memberantas soal korupsi, kita gak bisa bilang bahwa hukuman mati buat koruptor dan sebagainya. Gak sesederhana itu, saya jelaskan bahwa KORUPSI itu begini, begini, begini. Kemudian saya tanya, sebagai guru kan, setelah saya ajukan masalahnya.
Kira2 menurut kalian, apa solusinya?
Mereka itu kompak jawabnya, pak sudahlah pak, jangan bahas yang kayak gini terus. Kalau misalkan kita mau maju, kita undang lagi pemerintah belanda. Karena mereka salah satu negara paling maju, dan paling berbahagia di dunia, sekarang. Karena mereka (para murid) sudah putus asa...

Cuplikan Video, bisa kalian saksikan disini, temen2..


Eh tapi, katanya menurut sejarah, negara yang dijajah inggris lebih maju? 


Iya... Belanda itu jadi bahan olok2an kalau misalkan menjajah tu, Karena waktu mereka menjajah Indonesia saja, angka melek huruf itu cuma 8persen, jajahan belanda. Jajahan Inggris itu 30persen yang melek hurufnya. Dari situ saja sudah kelihatan bahwa yang dijajah inggris itu lebih enak. Bahkan Indonesia, dijajah Inggris 5tahun, itu pingin lagi, gak mau dijajah sama BELANDA. 

 

Kisah Pattimura
.

Kisah Pattimura itu kan begitu. Kan kisah PATTIMURA itu dia memberontak pada belanda, pada tahun 1817. Setahun sebelumnya, dia itu menjadi serdadu Inggris. Jadi Inggris itu berkuasa di Indonesia itu... di bawah rafles itu, tahun 1811 - 1816, itu dijajah sama Inggris. Nah Indonesia itu lebih makmur, lebih enak, ketika dijajah Inggris. Nah ketika dijajah sama belanda, orang2 maluku itu marah sama belanda. Karena misalkan  ya...

Cuplikan Video, bisa kalian saksikan disini, temen2..

 

Pas di zaman Inggris itu, kita di... (pekerjakan dan diupah).
Orang Inggris bilang, Pak bikin 1000 perahu, nanti kami bayar. Dibayar beneran, udah... tuntas selesai.
Pas masa berikutnya belanda datang
Pak bikinin kami 1000 perahu, dibikinin capek2, sudah gak bertani, udah gak beternak, udah fokus bikin perahu karena ada projek besar. Udah bikin 1000 perahu, gak dibayar. Marah kan?
Jadi mendingan kami dijajah oleh Inggris lagi.....
Jadi bukan berarti penjajahan itu baik. Tapi belanda memang menjajah lebih buruk dibandingkan Inggris. 

Istilahnya, kalau Inggris lebih cheng li ya...

Inggris itu mikirnya lebih jangka panjang. Kalau dia mau menguasai negara ini, negara ini juga harus bisa kerja sendiri, untuk membantu Inggrisnya mungkin gitu ya. 

 

Motif Penjajahan
.

Makanya, negara paling berbahaya di era kolonial adalah inggris

  • Karena kalau portugis dia cuma mau barter senapan dengan wanita. 
  • Kalau orang belanda hanya akan mencari emas. 
  • Kalau orang inggris akan menawarkan perjanjian. 

Itu kata orang jepang tu, jadi nawarin perjanjian itu yang bahaya.

Penjajahan kita itu lebih banyak dilakukan oleh bupati2 kita, daripada sama BELANDA. Jadi belanda itu, karena negaranya pada waktu itu "MISKIN" dan cukup terbelakang dibandingkan negara2 EROPA, penjajah yang lainya. Dan mereka itu kalau menjajah itu gak mau langsung ke rakyat. Cuman maunya, ngobrol2 sama BUPATInya saja. Nah oleh karena itu hubungan mereka itu gak mau sama rakyat dengan BUPATI. Mereka itu misah diri ke sejauh2nya (dengan rakyat). 

Cuplikan Video, bisa kalian saksikan disini, temen2..


Belanda Menjauh dari Rakyat
.

Tapi pokoknya di setiap kota, dimana mereka (BELANDA) berkuasa, jadi mereka bikin permukiman, dikelingi sama "cina", "pribumi" jauh. Biar mereka gak kontak sama orang PRIBUMI. Itu konteksnya Belanda.
Jadi kalau misalkan ada RODI gak dibayar dan sebagainya, itu pasti urusanya dengan BUPATI, bukan dengan belanda. Karena belanda pada waktu itu gak mau ikut campur sama "orang2 bawah". RODI itu kan sama orang2 bawah itu kan, jadi belanda gak mau ikut campur sama mereka. 

Jadi kalau begitu, korupsi sudah mengakar dari zaman belanda juga? Bahkan belanda itu belajar korupsinya darisini.

Cuplikan Video, bisa kalian saksikan disini, temen2..


Jadi Waktu belanda datang ke Indonesia itu sedang dalam proses perubahan dari merkantilisme berubah menjadi kapitalisme. Isme nya itu berubahnya dari situ. Jadi mereka itu mikirin yang penting itu bukan TANAH, tapi DUIT. Dan mereka sedang bertransformasi, yang paling penting itu bukan DUIT (merkantilisme) tapi mesin duit (KAPITALISME).

Merkantilisme itu kan yang paling penting DUIT. Kapitalisme itu yang paling penting MESIN DUIT. (Kapitalisme) itu yang paling penting bukan uangnya, tetapi sesuatu yang memberikan kita uang tanpa batas (mesin uang). Nah sedangkan orang Indonesia mikirnya pada saat itu masih feodalisme, yang paling penting itu bukan uang, bukan mesin uang, tetapi TANAH. Karena kita bisa makan itu dari tanah. Ada gap disitu (ada celah besar, dari situ) dari pemahaman belanda dan pemahaman orang Indonesia kala itu. Nah karena di Indonesia itu feodal, maka yang paling penting itu tanah, maka yang paling berkuasa itu adalah tuan tanah. Tuan tanah punya tanah yang seluas2nya, lalu rakyat itu disuruh bekerja disana. Jadi orang2 tidak memiliki hak atas tanah. 

Cuplikan Video, bisa kalian saksikan disini, temen2..


Karena di Indonesia kala itu feodal, yang paling penting itu tanah, maka yang paling berkuasa itu adalah tuan tanah. Ketika orang belanda datang ke Indonesia, memperkenalkan bahwa yang paling penting itu adalah UANG, dan yang paling berkuasa itu adalah pemilik uang. Orang2 Indonesia itu bingung, begitu juga orang Belanda juga bingung (loh kok begini ya? konsepnya?). 

Kata orang Indonesia, Pejabat itu memiliki (semuanya). Bahwa harta kekayaan semuanya milik dia (pejabat). Karena yang punya tanah itu. 

Sedangkan kata orang Belanda, yang paling berkuasa itu adalah yang punya duit. Nah ketika pejabat belanda datang ke Indonesia, dia (orang belanda itu) sudah digaji. TETAPI BERTEMU dengan orang Indonesia (yang punya konsep) bahwa pejabat itu memiliki semuanya. Jadi si pejabat2 belanda itu berpikir, wah.. enakan jadi pejabat di Indonesia ya? karena memiliki semuanya. Jadi akhirnya mereka korupsi. Jadi korupsi itu dimulai, ketika pejabat itu sadar bahwa mereka bukan hanya memiliki uang, tetapi memiliki semuanya. Jadi ketika... "lho digaji segini" Enak aja saya digaji segini? saya kan bisa korupsi? kan semuanya milik saya (kalau sudah jadi pejabat). Belanda belajar korupsinya dari kita. Apakah ini bakal disomasi? 

Cuplikan Video, bisa kalian saksikan disini, temen2..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masalah Pendidikan - Catatan Guru Gembul

  Guru Gembul . Berikan tepuk tangan untuk Bang guru gembul. Emang tinggal di Bandung?  Tinggal di Bandung, saya kan? orang Bandung.  Kirain sudah berkarir di Jakarta.. Saya itu dulu suka main PS. Jadi si avatarnya di dalam PS itu kalau bikin  orang gitu, buat diberantem2in, itu namanya GEMBUL apa gitu. Sedangkan  Gurunya karena guru?  Gurunya  karena saya profesinya  dalam tanda kutip ya, adalah  guru. Sampai sekarang masih mau ngajar?  MASIH..kemarin aja saya ngajar di sekolah.  Tapi itu tetap seperti guru-guru di SD Negeri atau apa? atau gimana? Guru honor  tidak tetap sih. Guru Honor, spill donk... gaji berapa sih? guru honor sekarang berapa?    Iya sekitar 900ribu sampai sejutaan, sebulan. K alau yang temen-temen saya itu bisa sampai 150.000  ada yang 200ribu. Ada juga yang bertahun2 gak dapat? jadi ikhlas aja makanya ya?  Sensasi . Makanya di sini tuh di negeri kita tuh.. Jadi ada orang-orang yang cari sensasi bikin kerusakan moral dan  lain-lain itu gajinya gede banget. Guru tu

Banjirnya Ilmu Pengetahuan | Catatan Guru Gembul

  Disklaimer Ini adalah transkrip dari youtube perbincangan Helmi Yahya dengan Guru Gembul. Jadi kalau mau melihat lebih lengkap, bisa langsung saja ke sumber perbincanganya.    Zaman Media . Sekarang itu zaman media. Jadi kalau misalnya (ada pertanyaan) Pengetahuanya darimana? Itu sebenarnya pertanyaan kurang relevan untuk zaman sekarang. Karena kita (untuk) mengetahui / akses untuk mendapatkan informasi itu banyak sekali kan? (Untuk Zaman) Sekarang pertanyaan yang paling utama BUKAN Darimana kalian mendapatkan Pengetahuan?  Tetapi darimana? (kita mengetahui bahwa) Pengetahuan itu BENAR, Pengetahuan itu bisa DIVERIFIKASI.   Kurasi menjadi penting?  kegiatan mengelola benda-benda dalam ekshibisi di museum atau galeri Iya itu penting. Kan kalau misalkan dalam metodologi ilmu itu, setelah kita mengumpulkan sebanyak mungkin sumber, kita mampu mengkritik sumber itu. Nah kita sekarang, di zaman digital, di zaman cyber, di zaman yang entah namanya apa ini? yang setiap sepuluh tahun itu namp