Langsung ke konten utama

Mati Suri - Catatan Tiktok Guru Gembul

Ada Mati Suri
.

Near Dead Experience jadi kondisi kita dikatakan meninggal padahal kita belum benar2 meninggal. Jadi apasih? yang dimaksud dengan mati itu? atau meninggal itu? Yang dimaksud dengan mati itu ketika otak kita sudah tidak menghasilkan listrik yang bisa menghasilkan seluruh aktivitas di dalamnya. Nah itu yang dimaksud dengan mati atau meninggal. Nah ada kondisi manusia yang mengalami itu sebelum dia bener2 mati. Jadi misalkan kekurangan oksigen yang ekstrim, misalkan mengakibatkan metabolisme tubuh melambat sampai seekstrim2nya, nafas kita terhenti, detak jantung kita terhenti, dan sebagainya. Itu disana kalau secara ilmiah, kalau otak kita kekurangan oksigen, dalam kondisi yang sangat ekstrim dan kita sangat membutuhkanya, biasanya kita akan berhalusinasi. Kita akan masuk ke dalam lorong yang penuh cahaya. Kemudian memory kita, ingatan2 kita masuk ke dalam kita. Waktu kecil, waktu ketemu sama pacar, waktu ketemu sama selingkuhan dan sebagainya. Semuanya terekam kembali dalam waktu yang sesingkat2nya. Nah setelah itu apakah meninggal beneran? atau setelah itu hidup lagi? nah kalau misalkan hidup lagi, orang2 akan menyebutnya lagi mati suri. Nah kalau ada orang yang mati suri, biasanya ada beberapa kerusakan otak. Biasanya... Tapi bisa juga ada yang kembali lagi hidup kemudian menceritakan kepada masyarakat saya duu waktu mati begin dan begitu. 

Mungkin saja seperti itu, tetapi itu secara ilmiah sudah bisa dijelaskan. Bahwa kurangnya oksigen di dalam otak memang akhirnya menciptakan halusinasi2 yang berhubungan dengan kepercayaan dan pengalaman kita waktu kita hidup. 


Ilmuan
.

Kenapa ilmuwan di zaman sekarang tidak seterkenal ilmuwan di zaman dulu?
Karena temuan di zaman sekarang itu jauh lebih banyak dibandingkan di zaman dahulu. Sekarang temuan revolusioner yang misalkan muncul dari satu laboratorium misalkan cern di eropa, itu sehari sampai dua kali, temuan baru. Karena terlalu sering, maka penemu2nya jadi lebih tidak terkenal, karena banyak. 

Kalau zaman dulu temuan mobil, itu revolusioner. Temuan kereta itu revolusioner. Penemu Telfon, penemu yang macem2 produk2 yang kayak gitu macem2. Karena sangat jarang, menjadi sangat dikenal. 

Misalkan kalau di Indonesia itu semua tempatnya indah, semua tempatnya bagus, ya mungkin satu daerah yang sangat indah itu gak akan terkenal karena semuanya memang indah. Gitulah kurang lebihnya. Jadi Ilmuwan di zaman dulu hebat2, ilmuan di zaman sekarang juga hebat2. Ya cuman tidak sebooming di zaman dulu. Karena di zaman sekarang sudah biasa, di zaman dulu mah sangat luar biasa.

 

Evolusi
.

Evolusi itu bukan teori, evolusi itu sudah menjadi konsensus masyarakat ilmiah. Dan sudah di sepakati bersama, dan bukti2nya sudah tidak terbantahkan. Misalkan evolusi srigala ke anjing. Itu dalam waktu 40ribu tahun, atua 20ribu tahun dan sebagainya itu ternyata sudah menciptakan satu spesies yang namanya anjing itu. Begitu juga manusia, manusia itu berevolusi. Baraya pernah lihat gak? generasi kakek kita itu jempol kakinya renggang, jempol kaki dengan telunjuk kaki itu renggang, karena mereka terbiasa memanjat pohon, masih sering memanjat pohon. Jadi seperti itu, ketika alas kaki kemudian ditemukan, maka generasi kita sekarang jempol kaki ke telunjuk itu jedanya sedikit sekali. Itu juga adalah proses evolusi, proses evolusi akibat adaptasi. 

Jadi evolusi itu nyata, itu fakta. Yang jadi kontroversi itu Teori Evolusi Darwin. Jadi evolusinya itu jelas, sedangkan cara bagaimana menjelaskan evolusi itu ada teori evolusi darwin, ada teori evolusi wallace, ada teori evolusi lemark, bahkan ada muslim namanya al Jahiz, yang juga mengemukakan teorinya yang namanya evolusi. evolusinya itu benar, bagaimana caranya itu disebut dengan teori evolusi. Yang salah terkenal dan digunakan oleh masyarakat itu adalah TEORI EVOLUSI DARWIN. Nah teori evolusi darwin ini masih menyisakan perdebatan. Evolusinya itu sudah menjadi fakta umum yang disepakati. 


Kiamat
.

Jadi gini ya, pas kalian kiamat itu. Itu sebenarnya tidak ada perhitungan hari. Karena perhitungan hari itu sudah ngaco ketika matahahari terbit dari barat. Ketika matahari terlambat datang 6jam. Pokoknya pokoknya semuanya kacau. Jadi mungkin saja, waktu itu seluruh dunia dalam waktu satu hari, kan 24jam. Ada yang kebagian malamnya, ada yang kebagian siangnya. Atau kiamat terjadi misalkan terjadi dalam waktu yang sangat lama. Jadi gunung2 meletus dulu 3jam, kemudian lautan tumpah ke daratan 3 jam, kemudian ada hantaman meteor yang menciptakan dukhon, tiga jam berikutnya, dan sebagainya. Ya bisa saja seperti itu, pokoknya mulainya di hari jum'at, kan seperti itu. Pertanyaan konyol, jawabanya juga... ya..



Matahari
.

Apakah di luar angkasa itu panas? matahari? di bumi aja sudah terasa panas...

Di Bumi panas itu karena ada atom2 yang berinteraksi dengan panasnya matahari. Sehingga kita bisa kepanasan atau kedinginan. Kalau di luar angkasa itu kan vakum, hampir2 hampa udara. Atau bisa dikatakan hampa udara atau misalkan 5 atom per meter. Dan karena itu makanya tidak ada yang menerima panas. Dan karena tidak ada yang menerima panas, makanya menjadi lebih dingin. Ini seperti, di bumi bagian dekat pantai, di bawah itu lebih panas daripada di gunung. Kenapa seperti itu? karena di gunung itu tekananya lebih rendah, karena molekul2 udaranya berjauhan. Nah molekul2 udara yang berjauhan aja bisa menyebabkan dingin, apalagi kalau misalkan molekul udara itu hampir tidak ada. Misalkan satu meter 5 atom. Berarti sangat2 dingin. 

Jadi yang menyebabkan panas di bumi itu bukan gara2 sinar mataharinya. Tapi interaksi dengan atom2 yang sudah ada. Kalau gak ada interaksi itu ya gak jadi panas. Jadi di luar angkasa itu tidak panas, kecuali di tempat2 tertentu. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Korupsi dan Penjajahan | Catatan Guru Gembul

  Saya kemarin cerita ke murid2 saya di sekolah , cerita bahwa di Indonesia KORUPSI itu susah untuk diberantas. Misalkan PAK SAMBO divonis sekian tahun penjara. Siapa yang membuktikan? bahwa nanti dia akan tetap tinggal di penjara? saya katakan seperti itu. Mungkin aja dia ganti identitas, terus dia pindah pulau, pindah negara, dan sebagainya. Atau malam2 bisa keluar, kan pernah ada kejadian yang seperti itu. Karena ada contohnya, ada berita yang keluar.    Kan misalkan begitu, ini mah kan hayalan. Kan misalkan begitu...   Putus Asa . Saya katakan, jadi kalau misalkan kita mau memberantas soal korupsi, kita gak bisa bilang bahwa hukuman mati buat koruptor dan sebagainya. Gak sesederhana itu, saya jelaskan bahwa KORUPSI itu begini, begini, begini. Kemudian saya tanya , sebagai guru kan, setelah saya ajukan masalahnya. Kira2 menurut kalian, apa solusinya? Mereka itu kompak jawabnya, pak sudahlah pak, jangan bahas yang kayak gini terus. Kalau misalkan kita mau maju, kita undang lagi pemer

Masalah Pendidikan - Catatan Guru Gembul

  Guru Gembul . Berikan tepuk tangan untuk Bang guru gembul. Emang tinggal di Bandung?  Tinggal di Bandung, saya kan? orang Bandung.  Kirain sudah berkarir di Jakarta.. Saya itu dulu suka main PS. Jadi si avatarnya di dalam PS itu kalau bikin  orang gitu, buat diberantem2in, itu namanya GEMBUL apa gitu. Sedangkan  Gurunya karena guru?  Gurunya  karena saya profesinya  dalam tanda kutip ya, adalah  guru. Sampai sekarang masih mau ngajar?  MASIH..kemarin aja saya ngajar di sekolah.  Tapi itu tetap seperti guru-guru di SD Negeri atau apa? atau gimana? Guru honor  tidak tetap sih. Guru Honor, spill donk... gaji berapa sih? guru honor sekarang berapa?    Iya sekitar 900ribu sampai sejutaan, sebulan. K alau yang temen-temen saya itu bisa sampai 150.000  ada yang 200ribu. Ada juga yang bertahun2 gak dapat? jadi ikhlas aja makanya ya?  Sensasi . Makanya di sini tuh di negeri kita tuh.. Jadi ada orang-orang yang cari sensasi bikin kerusakan moral dan  lain-lain itu gajinya gede banget. Guru tu

Banjirnya Ilmu Pengetahuan | Catatan Guru Gembul

  Disklaimer Ini adalah transkrip dari youtube perbincangan Helmi Yahya dengan Guru Gembul. Jadi kalau mau melihat lebih lengkap, bisa langsung saja ke sumber perbincanganya.    Zaman Media . Sekarang itu zaman media. Jadi kalau misalnya (ada pertanyaan) Pengetahuanya darimana? Itu sebenarnya pertanyaan kurang relevan untuk zaman sekarang. Karena kita (untuk) mengetahui / akses untuk mendapatkan informasi itu banyak sekali kan? (Untuk Zaman) Sekarang pertanyaan yang paling utama BUKAN Darimana kalian mendapatkan Pengetahuan?  Tetapi darimana? (kita mengetahui bahwa) Pengetahuan itu BENAR, Pengetahuan itu bisa DIVERIFIKASI.   Kurasi menjadi penting?  kegiatan mengelola benda-benda dalam ekshibisi di museum atau galeri Iya itu penting. Kan kalau misalkan dalam metodologi ilmu itu, setelah kita mengumpulkan sebanyak mungkin sumber, kita mampu mengkritik sumber itu. Nah kita sekarang, di zaman digital, di zaman cyber, di zaman yang entah namanya apa ini? yang setiap sepuluh tahun itu namp