Langsung ke konten utama

Kompetensi dalam Profesi - Catatan Guru Gembul 256

 

Assalamu'alaikum baraya, selamat datang kembali di guru gembul channel. Kemarin lalu dalam sebuah seminar atau diskusi publik, saya pernah melontarkan sebuah pernyataan bahwa 


Gaji (Guru)
.

Guru adalah profesi di Indonesia yang gajinya atau honornya paling rendah. Bagaimana tidak, kita bisa mengetahui bahwa misalkan kuli bangunan itu mendapatkan honorarium sekitar 150 ribu perhari begitu ya. Sedangkan Guru itu dibayarnya bisa sampai 200 ribu rupiah per bulan. Saya sendiri sebagai guru pernah mengalami saya dibayar seratus ribu rupiah per tiga bulan. Nah ini ia bukan jadi rahasia umum lagi, bahwa memang menjadi guru itu honorarium nya tidak terlalu besar atau bisa dikatakan tidak besar. Diantara semua profesi yang menjadi tanggungjawab pemerintah, guru adalah profesi yang gajinya paling rendah. 

8 Profesi di Indonesia dengan Gaji terkecil

  1. Wartawan
  2. Sopir Taksi Konvensional
  3. Petugas Keamanan
  4. Salesman
  5. Pelayan Restoran
  6. Guru
  7. Customer Service
  8. Petugas Kebersihan

Sumber: Lifepal.co.id


Konsep Kelangkaan
.

Tetapi sebenarnya masalahnya bukan di situ. Kalau kita melihat dari sisi yang lain maka harga yang sangat murah untuk conarium guru itu adalah harga yang wajar. Karena apa? Karena setiap orang bisa melakukan itu. Jadi maksudnya begini Baraya, profesi yang bisa dilakukan oleh setiap orang itu pasti gajinya rendah sekali. (Prinsip Scarcity dalam Ekonomi) Profesi yang paling mahal itu adalah yang dibutuhkan dan tidak bisa di kuasai oleh banyak orang kan begitu ceritanya. Rumusan ekonomi paling mendasar nya kan seperti itu
Nah guru-guru itu tidak bisa melakukan semua hal tetapi semua orang bisa melakukan apa yang dilakukan oleh guru.

  • Misal ada seorang pilot kemudian datang ke sekolah untuk mengajar Bisakah? Bisa tentu saja.
  • Ada dokter datang ke sekolah untuk mengajar Bisakah? bisa saja. 

Tetapi hal ini tidak bisa dibalik guru disuruh jadi dokter bisa nggak? gak mungkin bisa. Guru disuruh jadi Insinyur, bisa nggak? gak mungkin bisa. Disuruh jadi pilot ya nyungsep pesawatnya. 


Kompetensi Profesi
.

Nah kenapa seperti itu? ini terkait dengan kompetensi. Setiap profesi itu memiliki  kompetensi yang khas kecuali guru


4 Kompetensi Guru

1.  Kompetensi profesional, yaitu kecakapan seorang guru dalam mengimplementasikan hal-hal yang terkait dengan profesionalisme yang terlihat dalam kemampuannya mengembangkan tanggung jawab, melaksanakan peran dengan baik, berusaha mencapai tujuan pendidikan, dan melaksanakan perannya dalam pembelajaran di kelas.

2. Kompetensi pedagogik yaitu menguasai dan memahami karakter serta mengidentifikasi potensi dan kesulitan belajar siswa. Guru juga harus mampu mengembangkan kurikulum sehingga mampu mebuat rancangan pembelajaran yang menarik dan memanfaatkaan teknologi dan informasi untuk kepentingan pendidikan. 

3. Kompetensi sosial, yaitu kemampuan guru dalam berinteraksi dengan siswa, orang tua siswa, rekan seprofesi dan lingkungan, baik secara langsung maupun tidak langsung.

4. Kompetensi kepribadian, yaitu kemapuan menjadi teladan akan sikap sikap positif.


Kalau Baraya mau jadi pilot, Baraya akan bertahun-tahun dididik untuk menjadi seorang pilot yang menerbangkan pesawat. Kalau Baraya mau jadi dokter beri akan digembleng bertahun-tahun 

  • Untuk menganalisis penyakit. 
  • Untuk mengetahui tingkat kesehatan 
  • Untuk mengetahui hal-hal paling mendasar dalam biologi manusia.


Administrator
.

Tetapi kalau Baraya menjadi guru, baraya tidak akan diperlakukan seperti itu. Baraya tidak akan dipersiapkan untuk menjadi seorang guru. Baraya akan dipersiapkan untuk menjadi seorang administrator. Jadi kalau Baraya misalkan masuk ke jurusan keguruan, Baraya tidak akan diajarkan 

  • Bagaimana cara mengajar
  • Bagaimana teknik mengajar 

Baraya hanya akan diajarkan Bagaimana cara membuat laporan dan administrasi mengajar. Jadi seandainya guru itu adalah pilot, maka guru itu tidak dipaksa untuk belajar mengemudikan pesawat, tetapi guru2 itu hanya diajarkan atau dipaksa belajar bagaimana menuliskan laporan bahwa saya telah menerbangkan pesawat. Makanya semua hal yang dilakukan guru di kelas itu bisa dilakukan oleh semua orang di profesi yang lain. Wow guru itu 

  • harus bisa mengajar begini-begitu 
  • harus bisa menguasai kelas 
  • harus bisa menyampaikan materi dengan baik 
  • harus bisa menjadi tempat curhat yang baik buat anak-anak
  • harus bisa begini begitu kan 


Iya normalnya begitu idealnya begitu aslinya demikian. Tetapi di kelas apakah guru bener2 bisa seperti itu? 

  • Berapa banyak guru-guru yang di kelas bisa menjabarkan materi dengan sangat baik? tidak banyak
  • Berapa banyak guru-guru yang bisa menjadi tempat curhat buat anak-anaknya? tidak banyak 
  • Berapa banyak guru yang menjadi katalisator yang baik buat pendidikan?  tidak banyak 


Nah, kenapa seperti itu? karena memang guru tidak diajarkan untuk menjadi seperti itu. Lagi-lagi masalahnya adalah di dunia pendidikan untuk masuk ke jenjang keguruan itu,  Baraya tidak akan dipaksa untuk belajar atau mengajar. Baraya hanya akan dipaksa untuk membuat sebuah administrasi. Bagaimana caranya mengajar cukup 


Buka Tempat Les
.

Makanya Ini pengalaman pribadi saya, Saya pernah buka tempat les-lesan. Kemudian saya rekrut guru-guru 

  • ada guru dari keguruan,
  • dan ada yang bukan (non-keguruan)

Ternyata guru-guru yang paling disukai oleh anak-anak itu adalah guru-guru yang berasal dari non-keguruan, dari universitas-universitas non-keguruan. Kenapa karena mau yang keburuan mau yang non-keguruan tetap diajarkan Bagaimana caranya mengajar hanya diajarkan Bagaimana cara administrasi mengajar. Atau Saya punya pengalaman yang lain Saya pernah mengajar di sekolah yang dianggap oleh pemerintah sebagai sekolah dengan nilai akademik tertinggi se-indonesia. Saya mengajar di situ dan saya melihat dengan mata kaki saya sendiri bahwa guru-guru yang ada disana kebanyakan bukan dari sekolah keguruan. Artinya guru-guru yang bukan dari sekolah kejuruan ternyata mampu mengajar di sekolah terbaik se-indonesia. Tetapi guru-guru yang berasal dari sekolah2 keguruan justru yang tersebar di sekolah-sekolah negeri, dan sebagainya itu tidak menampakan kemampuan dia untuk mengajar dengan baik di depan siswa-siswanya.


Disleksia
.

Nah ini tentu saja saya tidak menyalahkan guru. Saya sekali lagi menekankan bahwa sejak awal pemerintahan kita 

  • yang menyelenggarakan pendidikan 
  • atau yang menyelenggarakan sistem keguruan

itu memang tidak diarahkan kearah sana. Ini contohnya begini ya, di Indonesia itu ada sekitar 10persen anak yang susah untuk baca tulis. Diantara 10% itu, ada seperempatnya yang diketahui disleksia.



N
ah sebenarnya anak-anak disleksia itu adalah 

  • anak-anak yang pandai 
  • anak-anak yang cerdas 

cuman dia punya sedikit masalah 

  • dalam mengeja, 
  • dalam melihat simbol-simbol. 


Salah Diagnosa
.

Karena itu sebenarnya anak disleksia itu adalah orang-orang yang potensial. Tetapi guru di sekolah tidak pernah sekalipun, -waktu dia belajar untuk mengajar- tidak pernah sekalipun dibahas tentang disleksia itu apa? Guru-guru nggak ngerti, apa yang dimaksud dengan disleksia? Mereka kebingungan.. karena itu ketika mereka mengajar mereka ngeblank ketika ada anak yang mengalami gejala-gejala seperti itu dia katakan sebagai 

  • anak ini Malas 
  • anak ini bodoh 
  • anak ini tidak tahu apa-apa 

Akhirnya potensi anak Indonesia yang sesungguhnya cerdas itu, karena didoktrin bahwa dirinya akan menjadi bodoh. Akhirnya beneran bodoh. 

Makanya ketika di masa depan orang-orang di Indonesia itu menjadi kesulitan menghadapi kesulitan yang sangat luar biasa. Yaitu orang-orang yang biasa-biasa aja dan yang bodoh itu jadi pejabat negara sedangkan orang yang benar-benar pintar di sekolahnya itu dianggap bodoh sehingga menjadi preman kan KACAU. Dan ini dimulai dari mendidih mulai dari ketidaktahuan guru dalam psikologi anak ketidaktahuan guru dalam pedagogi  ketidak Ketahuan guru dalam mengetahui apa yang menjadi dasar dasar dari profesinya. 


Administrasi Mengajar
.

Kenapa seperti itu lagi-lagi saya tidak pernah menyalahkan guru saya menyalakan penyelenggara pendidikan keguruan disini 

  • yang tidak pernah mengajarkan teknik-teknik mengajar. 
  • Yang diajarkan itu adalah registrasi mengajar 
Dan administrasi mengajar yang dituntut oleh setiap kepala sekolah kepada guru pun itu ternyata sudah tersedia secara umum di internet. Makanya satu-satunya kompetensi guru yang selalu dituntut oleh kepala sekolah dan dinas pendidikan itu adalah administrasi mengajar. selalu itu. Kalau baraya ngajarnya jelek, baraya gak akan  dipecat. Tapi kalau baraya nggak bikin administrasi mengajar maka baraya pasti dipecat. Jadi satu-satunya kompetensi guru yang selalu diperhitungkan oleh dinas pendidikan itu adalah administrasi mengajar, yang 1.rim satu semester itu. 

Nah administrasi mengajar itu sudah tersedia di internet. Jadi gampang didownload. Guru2 pasti akan ngedownload. Maka dari itu, seandainya pun, baraya bukan guru dan tidak pernah mengajar dan tidak pernah masuk ke jurusan pengajaran maka baterai cukup ngedownload dan bisa menjadi guru. Kompetensinya pasti akan terpenuhi, kan gitu ya? 

Iya.. itulah kesulitanya, ketika akan diubah mafia pendidikannya terlalu banyak. Dan mereka itu angkuh sombong dan tidak mau berubah. Jadi ya dia susah sekali.....


Pendidikan di negara maju
.

Di negara-negara yang sudah maju pendidikannya, guru itu 

  • pasti bisa mengajar dengan baik 
  • pasti bisa mengajar dengan enak 
  • pasti bisa menyampaikan materi dengan sangat riang dengan sangat antusias 
  • dan di sisi lain juga sih guru-guru itu pasti bisa menilai dengan sangat baik 
  • pasti akrab dengan siswanya 
  • pasti bisa menjadi motivator yang baik di dalam kelas 
  • bisa menguasai kelas 
  • dan sebagainya 

Karena untuk menjadi profesi guru memang harus seperti itu. Dan karena harus bisa menjadi seperti itu, jadi guru-guru jadi Mario Teguh semuanya gitu. jadi ketika dia ngomong tuh siswa... oh gitu...seneng belajar sama dia tuh seneng gitu .



20 Karakteristik Guru
.

Nah tetapi kan  guru di Indonesia tidak mungkin diarahkan ke arah sana, karena terlalu banyak  mafianya tadi itu Nah karena tidak diarahkan kearah sana, maka si Guru itu  pasti karakteristiknya beda-beda, macam-macam. Saya sudah mengajar selama 12 tahun sampai sejauh ini dan sudah menjadi siswa juga selama 12 tahun tentu saja. Maka saya punya pengalaman, saya mengetahui ada sekitar 20 karakteristik guru yang di setiap sekolah pasti ada orang-orang seperti ini. Yang saya bilang tadi karena karakteristiknya tidak pernah khas, jadi ada 20 karakter guru yang selalu ada disetiap kelas 


Yang pertama itu adalah guru bijak 
.

Guru bijak itu maksudnya 

  • dia tidak terlalu dekat dengan siswa 
  • dia mengajar dengan sangat baik, santun 
  • dia menyampaikan materi dan sebagainya.

Tetapi dia jaga jarak dengan siswa. Jadi siswa mendekat, mengajak bercanda, dianya diem, tegas Tidak galak tapi tegas. tapi punya jarak yang cukup dengan siswa itu karakteristik guru bijak. adakan yang seperti itu?Ada.... 



Yang kedua itu adalah guru burung
.

Kemudian yang lain guru burung ini karakteristik kedua di Indonesia yang cukup banyak juga. Yaitu guru itu seperti burung, 

  • datang ke kelas, 
  • duduk di mejanya 

kemudian melakukan itu selama dua jam pelajaran atau lebih duduk di situ. Apa yang dia lakukan 

  • Curhat, 
  • Cerita Tentang masih dirinya tentang prinsip hidupnya 
  • tentang keberhasilan dan kegagalan dalam hidupnya 
  • cerita aja tentang apa yang di dalam dirinya gitu terus pas 


(Sedangkan) bagian nerangin nya tidak banyak. Neranginya hanya 

  • coba tulis halaman sekian sampai halaman sekian 
  • atau tugasnya kerjain ini itu ya 
  • dan sebagainya.

 nah ini model guru-guru burung 



Yang ketiga adalah guru sahabat
.

Lanjut ada yang ketiga guru sahabat. Guru sahabat ini 

  • akrab banget sama siswa 
  • sering bercanda
  •  bahkan saking akrabnya sampai tidak memiliki jarak


Jadi guru itu seperti teman mengobrol sama siswa. Tapi eh apa dengan bahasa-bahasa yang terlalu gaul dan sebagainya. Jadi nggak ada jarak, hubungan satu sama yang lainnya dengan siswa sangat akrab. Kemudian isi buru ini biasanya juga tidak pelit memberikan nilai tetapi banyak orang-orang yang curhat sama dia. Curhat negini begitu pokoknya mah di akrab sekali sama siswa nah tapi kalau bagian nerangin dia suka kebingungan itu gak jelas kita adakan goreng seperti itu yaitu karakteristik khas guru di Indonesia.


Yang keempat Guru Killer
.

Kemudian karakter tempat itu adalah guru killer. Ketika dia mau datang aja 10 menit sebelum dia sampai ke kelas, semua siswa sudah siap tegang deg-degan karena tugas belum beres. Atau ada yang tugas beres tapi nyontek dari teman sekelas tadi pagi. Bahkan ketika Si guru datang pun. Jadi guru itu memberikan kesan  horor menakutkan dan sebagainya. Tetapi guru yang semacam ini tuh ada dua jenis 

  • ada guru yang dengan horornya ini menyebabkannya nilai akademik siswa naik
  •  Tetapi ada juga yang Justru malah melorotkan nya begitu kan 


Yang kelima adalah Guru GJ
.

kemudian ada yang berikutnya lagi Le guru GJ guru gak jelas jadi maksudnya si guru ini kita nerangin tapi enggak jelas ngomongnya kesana kesini cerita tentang dirinya cerita tentang orang lain cerita tentang apa ya pendeknya nerangin nya gajelas gitu mungkin Suaranya pelan kalaupun suaranya cukup tetapi ngejelasinnya gak jelas gitu ini maksudnya si guru ngomong apa sih kesana kesini sih kayak gitu ada goreng seperti itu dia Ramadi gitu tapi nerangin nya gak jelas ada yang seperti itu ada dan tidak akan ditegur dan tidak akan memberi didapat mendapatkan pelatihan yang lebih baik untuk mengajar doakan guru-guru seperti itu akan tetap dibiarkan yang penting administrasi mengajarnya lancar kemarin 


Yang keenam adalah Guru Mesin Tik
.

Kemudian guru yang selanjutnya itu adalah guru mesin tik. Mereka guru mesin tik Jadi maksudnya gini si guru itu akan mengajar sesuai dengan teks bukunya jadi beberapa teks buku Kalau dibukunya ngajarnya itu diapun ngajarnya persis sama seperti itu kemudian ketika ulangan pun ulangannya setiap ada di buku di situ dan yang lebih buruknya lagi adalah kalau jawaban siswanya beda sedikit sama yang di buku itu dianggapnya salah maknanya benar tapi teksnya salah itu dianggap salah karena harus sesuai secara literal secara let Let's dengan yang ada di buku bahkan ketika dia

mengajar pun bab anu ini anu sudah dijelaskan sejak awal jenis Sama persis dengan buku kode adalah guru yang berikutnya yang unik yaitu guru cabul tak Hai dia tuh guru tuh ngomongnya misalkan materi tentang ini itu gitu Ya tapi diplesetin sama hal-hal yang mesum sama hal-hal yang cabul adakan goreng seperti itu ada dan dia bangga banget kalau celotehan mesumnya itu diketahuin semua anak-anak bikin riuh redam gitu kan ada yang seperti itu dia banyak ada lagi guru gajah guru gajah tuh maksudnya dia memberikan nasehat yang baik kepada anak tetapi kesannya Sok bijak gitu jadi ditemukannya jaim imut Jadi kalian tuh harus lainnya nenek jadi kadang-kadang 12 jam pelajaran itu habis sama ceramahnya dia tentang moral tentang nilai-nilai etika tentang kesuksesan dan keberhasilan tapi ngomong itu enggak ada Wibawa sama sekali karena memang perilakunya Atau segala sesuatu yang terkait dengan dirinya Tuhan eh jadi dia tuh daripada terkesan bijak dia terkesan Sok bijak Jadi kalian tuh gak boleh gitu dengan ya hehehe ada lagi guru yang guru kasihan nih guru kasihan guru dihantui ini Ini saya sering nemuin guru yang seperti ini ngajarnya kurang baik enggak dihormati sama siswa gak bisa mengendalikan kelas jadi ketika di depan dia seperti kambing congek dia cerita gini-gini siswanya ribut aja di belakang sendiri-sendiri tanpa dia berani dan bisa untuk menegur dan mengkonsolidasikan suasana kelas ribut hanya dan diajak ngomong ini neneknya gitu jadi dia ngomong gak didengerin kemudian dia memberi nasehat juga engak dipedulikan dan sebagainya


 Akhirnya Si guru itu hanya datang ngabsen ngasih ini itu kemudian dia pulang lagi dengan muka yang batu gitu kan udah bertahun-tahun dia memang diperlakukan seperti itu ya saya yakin sih buru-buru ini juga kadang sering nangis dalam hatinya tetapi faktanya kan memang seperti itu sekali lagi Kenapa banyak guru-guru yang bisa seperti ini karena dia tidak diajarkan untuk menjadi seorang guru juga diajarkan untuk menjadi seorang administrator begitu kemudian ada guru yang lain lagi selain guru yang kasihan yang tidak dihargai itu nyata yaitu guru yang aneh ini di setiap sekolah saya menghadapin guru dengan karakteristik yang aneh tampilannya perlente ngomongnya nggak nyambung kesana kesini ngasih materi nggak Nggak nyambung juga ngasih penilaian juga enggak nyambung ini seluruh ngasih nilainya kok kayak ngasal gini ke saya segini padahal kesitu segitu dan sebagainya Bray pernah menemukan seperti itu iya hehehe enak tetapi mereka tetap

maju menjadi seorang guru tidak pernah ditegur dan tidak pernah mendapatkan supervisi dan sebagainya ia dibiasakan aja seperti itu karena sekali lagi selama dia bikin administrasi maka guru itu bisa aja melakukan hal apapun di dalam kelasnya akun dengan mengajar dengan gaya seperti apapun yang ada di kelasnya Ada lagi Ada lagi ih nomor berapa ke-11 brushless Apa itu brushless minggu rosales itu adalah guru yang di tengah-tengah mengajarnya itu suka dagang kadang-kadang dagang buku dagang LKS ini beli ya kalau nggak nanti nilai nggak ada itu sampai yang ekstrim guru selesai itu seperti itu tapi ada juga yang nggak ada yang tengah-tengah kelas ini tiba-tiba ngomong ibu juga punya tempat les lesan mau nggak ya belajar di tempat lesan Ibu warna gitu ya atau dia buka tempat lesan buka tempat bimbel kemudian siswanya diajak masuk ke sana semuanya atau sih Bunyi atau sebabnya punya tempat fotokopian nanti motokopi hanya ke ibu ya dan sebagainya pokoknya mah ada aja yang dijual sama si guru ini TNI itu atau dia Biasanya jadi m-agen bimbel bimbel datang ke sekolah ke sekolah nungguin si guru itu nanti berhenti bagi hasil nasi guru ini mengajak siswa siswa untuk masuk ke bimbel itu ada kan yang seperti itu 

Nah itu brushless ada juga yang seperti itu ada guru yang lain ada guru komika guru komite guru yang lawak banget jadi kalau Sisa dia datang ke sekolah ke sekelas Si sobara Katak ketawa kesana kesini sepanjang pelajaran ditekan Nadia gurunya kocak gurunya santai gurunya tidak memberikan beban kepada siswa gitu karena belum tidak dihormati tetapi Si guru ini memang membawa gairah Jadi kalau dia mau datang sisa udah semangat belajar bahkan ditunggu-tunggu karena lucu gitu ada guru yang lucu seperti itu ada materi ya kadang tersampaikan dengan baik karena tidak tersampaikan dengan baik tapi yang jelas dia memberikan kesan bahwa kelas itu ternyata adalah kelas yang lucu ada yang seperti itu ada lagi yang lain ada guru rasis ngajar matematika ingini ditengah-tengahnya gatal apa nggak ada hujan ga ada angin tiba-tiba keunggulan ras jauh dibanding ras yang lain atau keunggulan rasunda dibandingkan ras yang lain ngajar kimia ingin ingin ingin tiba-tiba celetuk keutamaan umat muslim dibandingkan UAD 


Bapak agama yang lahir ada yang seperti itu ia Percayalah Saya yakin Baraya penontonnya pasti pernah menemukan ada guru yang semacam ini ga ada hujan ga ada angin tiba-tiba menceritakan tentang agama tentang ras tentang Ia yang high ini namanya gurashish kemudian karakteristik selanjutnya guru Maber Maha Benar detik si guru itu ketika mengajarkan demikian Wibawa demikian kuat tapi banyak salahnya dan uniknya ketika ditegur Pak ini salah di buku kayak gini Gaga seperti itu bukunya gini-gini pokoknya apa yang dia katakan harus diterima karena si guru ini tuh bener gitu kalau dia nuduh orang lain walaupun tuduhannya salah dia tetap maksa bahwa saya ini bener kalian ini salah gini gini gini gini ada guru yang seperti itu banyak guru yang egonya tinggi jadi enggak mau mengakui bahwa dirinya pernah salah jadi bahkan ketika dia menyampaikan materi yang salah pun dia tetap harus tekankan bahwa itu adalah materi yang benar ada-ada enak tetapi atau saja 


Anda juga Bu Guru yang lain guru Mario Teguh guru yang datang ke kelas materi tidak terlalu dipedulikan Tetapi dia duduk kemudian menjelaskan dengan penuh Wibawa and bahwa bagaimana hidup sesungguhnya dia menjelaskan sebagai motivator sebagai inspirator ia begini-begini siswa seneng siswa ngedengernya enak sama ini Tapi Mati ketemu pas karena hilang karena dia memang fokusnya pada membangun siswa-siswa ini agar menjadi proses siswa yang baik yang besar di masa depan gitu ada guru Mario Teguh itu bodoh Kayak gini ada lagi ada guru Hai jadi enggak enggak kelihatan datangnya kapan karena memang gak pernah datang Jadi siguri itu entah Sibuk di mana entah apa jadi Invisible aja tiba-tiba datang oh datang si gurunya nasi tugas pergi lagi surat lagi sih anaknya gitu tetapi nilai tiba-tiba ada dan nilainya kadang-kadang beda sama yang seharusnya kok nilai segini karena gurunya Emang ga pernah datang ada lagi ada guru narsis nah ini biasanya guru di pelajaran IPA ya walaupun di IPS juga banyak tapi guru-guru di pelajaran IPA itu banyak yang menceritakan tentang dirinya sendiri dan keempat kepandaian dirinya sendiri sambil mengolok-olok kecerdasan anak-anaknya ah kalian meski aja nggak ngerti Coba bapak dulu mah Bapak waktu ini udah ngerti Saya suka sekali dengan bapak langsung hafal kamu gak ngerti-ngerti dari tadi dipakainya generasi zaman sekarang mah ada gold seperti itu gua yang terus-terus membanggakan dirinya sendiri bahwa saya nutupin terbabat tuh dulunya ranking 1 di situnya ini juara 1 Bapak tuh peran dapat medali ini kalian moyang


ia juga bisa sih gimana sih a gurin seperti budaya narsis luar biasa ada-ada lanjut nomor ke berapa ya ke 1918 guru yang kreatif datang ke kelas itu dengan persiapan bahwa book peta dunia bahwa globe bahwa video yang unik-unik yang lucu-lucu bawa barang-barang untuk bisa menyampaikan kadang-kadang bikin sendiri alat-alat yang unik untuk memberikan penjelasan Nah ada guru-guru yang seperti ini gurunya kreatif lucu memberikan motivasi tetapi bukan hanya dengan kata-kata dan tulisan tetapi dengan alat-alat peraga ada ada yang seperti itu kemudian guru yang selanjutnya itu adalah guru yang disiplin datang tepat waktu kemudian ketika mengajar harus ngabsen dulu mukanya biasa-biasa aja kayak batu datar gitu Setelah itu biasanya Dia nggak galak tapi juga nggak lucu gitu biasanya teistis aja denger santri game gitu tapi nggak galak udah ngabsen kemudian ngajak-ngajak nih sesuai sesuai yang ada di buku gitu udah ngajar selesai pulang ada tugas dan sebagainya tapi subur itu disiplin dalam waktu dalam penugasan dalam bab 1 bab 2 bab 3 diajarkan Kapan itu sudah sejak awal dia ketahui dan sudah sejak awal direncanakan ada Grey seperti itu ada itu guru Nomor 19 Bruno 20 kayak gimana guru nomor 20 itu adalah gabungan dari beberapa karakteristik karakteristik yang saya sebutkan tadi itu sesungguhnya kadang-kadang ada tidak hanya dalam satu guru atau satu guru kadang-kadang tidak memiliki hanya satu karakteristik yang sebutkan tadi ya Sekali lagi ini hanya sekedar autokritik dan juga memberikan motivasi belajar buat anak-anak bahwa ternyata guru-guru itu memang bentuknya seperti itu beda-beda dan banyak diantaranya yang sangat menyimpang dengan pedagogi yang ideal untuk mengajar anak tetapi bagaimanapun mereka pasti akan tetap ada karena memang tidak ada satupun sistem di Indonesia yang bisa membuat guru itu sesuai dengan satu standar tertentu sesuai dengan kompetensi mengajar tertentu karena yang dipaksakan itu adalah administrasimengajar kolagenisasi mengajarnya sudah terpenuhi mau dari searching mau darimanapun mau mengajarnya kayak gimana pun dipersilahkan saja mengajar dan itulah Salah satu alasan yang menyebabkan Kenapa gaji guru bisa dibayar murah karena setiap orang bisa menjadi guru pakai para yaitu saja ya terima kasih karena sudah menyima silahkan jadi bahan renungan 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Korupsi dan Penjajahan | Catatan Guru Gembul

  Saya kemarin cerita ke murid2 saya di sekolah , cerita bahwa di Indonesia KORUPSI itu susah untuk diberantas. Misalkan PAK SAMBO divonis sekian tahun penjara. Siapa yang membuktikan? bahwa nanti dia akan tetap tinggal di penjara? saya katakan seperti itu. Mungkin aja dia ganti identitas, terus dia pindah pulau, pindah negara, dan sebagainya. Atau malam2 bisa keluar, kan pernah ada kejadian yang seperti itu. Karena ada contohnya, ada berita yang keluar.    Kan misalkan begitu, ini mah kan hayalan. Kan misalkan begitu...   Putus Asa . Saya katakan, jadi kalau misalkan kita mau memberantas soal korupsi, kita gak bisa bilang bahwa hukuman mati buat koruptor dan sebagainya. Gak sesederhana itu, saya jelaskan bahwa KORUPSI itu begini, begini, begini. Kemudian saya tanya , sebagai guru kan, setelah saya ajukan masalahnya. Kira2 menurut kalian, apa solusinya? Mereka itu kompak jawabnya, pak sudahlah pak, jangan bahas yang kayak gini terus. Kalau misalkan kita mau maju, kita undang lagi pemer

Masalah Pendidikan - Catatan Guru Gembul

  Guru Gembul . Berikan tepuk tangan untuk Bang guru gembul. Emang tinggal di Bandung?  Tinggal di Bandung, saya kan? orang Bandung.  Kirain sudah berkarir di Jakarta.. Saya itu dulu suka main PS. Jadi si avatarnya di dalam PS itu kalau bikin  orang gitu, buat diberantem2in, itu namanya GEMBUL apa gitu. Sedangkan  Gurunya karena guru?  Gurunya  karena saya profesinya  dalam tanda kutip ya, adalah  guru. Sampai sekarang masih mau ngajar?  MASIH..kemarin aja saya ngajar di sekolah.  Tapi itu tetap seperti guru-guru di SD Negeri atau apa? atau gimana? Guru honor  tidak tetap sih. Guru Honor, spill donk... gaji berapa sih? guru honor sekarang berapa?    Iya sekitar 900ribu sampai sejutaan, sebulan. K alau yang temen-temen saya itu bisa sampai 150.000  ada yang 200ribu. Ada juga yang bertahun2 gak dapat? jadi ikhlas aja makanya ya?  Sensasi . Makanya di sini tuh di negeri kita tuh.. Jadi ada orang-orang yang cari sensasi bikin kerusakan moral dan  lain-lain itu gajinya gede banget. Guru tu

Banjirnya Ilmu Pengetahuan | Catatan Guru Gembul

  Disklaimer Ini adalah transkrip dari youtube perbincangan Helmi Yahya dengan Guru Gembul. Jadi kalau mau melihat lebih lengkap, bisa langsung saja ke sumber perbincanganya.    Zaman Media . Sekarang itu zaman media. Jadi kalau misalnya (ada pertanyaan) Pengetahuanya darimana? Itu sebenarnya pertanyaan kurang relevan untuk zaman sekarang. Karena kita (untuk) mengetahui / akses untuk mendapatkan informasi itu banyak sekali kan? (Untuk Zaman) Sekarang pertanyaan yang paling utama BUKAN Darimana kalian mendapatkan Pengetahuan?  Tetapi darimana? (kita mengetahui bahwa) Pengetahuan itu BENAR, Pengetahuan itu bisa DIVERIFIKASI.   Kurasi menjadi penting?  kegiatan mengelola benda-benda dalam ekshibisi di museum atau galeri Iya itu penting. Kan kalau misalkan dalam metodologi ilmu itu, setelah kita mengumpulkan sebanyak mungkin sumber, kita mampu mengkritik sumber itu. Nah kita sekarang, di zaman digital, di zaman cyber, di zaman yang entah namanya apa ini? yang setiap sepuluh tahun itu namp