Langsung ke konten utama

Cara belajar Sejarah | Catatan Guru Gembul

 

Sejarah Membosankan?
.

Siapa yang merasa bahwa pelajaran sejarah itu adalah pelajaran yang membosankan? Buk.. silahkan ditandai sekarang buk.

Jadi kita akan mulai tentang, kenapa kita harus belajar sejarah. Dan kenapa pelajaran sejarah itu seru. Tapi, sebelum kita belajar sejarah akan saya sampaikan sebuah kisah, yang semoga ini inspiratif. Dan semoga setelah mendengar cerita ini, ada yang merasa terharu, trenyuh dan menangis. 


Gedung Angker
.

Di Inggris itu ada perempatan jalan, dan diperempatan jalan itu ada satu gedung disitu empat lantai. Tetapi yang dipakai disitu hanya satu laintai. Lantai dua, tiga, empat itu tidak dipakai sama sekali. Yang jadi alasanya itu karena di lantai dua itu ada indikasi ada suatu kegiatan supranatural yang sangat berbahaya. Sehingga pemilik gedung itu mengorbankan aset, di lantai dua lantai tiga lantai empat agar tidak dikunjungi karena demi mencegah orang2 yang akan masuk kesana. Karena siapapun yang masuk kesana, itu biasanya berakhir TRAGIS. 

TAPI gedung yang dimaksud itu, yang alamatnya ada Bsquare, itu direnovasi. Sehingga pintu untuk menuju lantai kedua itu dibuka. Tetapi pada saat itu juga kejadian yang agak aneh. Jadi ceritanya disana itu dekat dengan pelabuhan, dekat dengan sungai, dekat dengah muara sungai. Nah disana itu ada dua orang pelaut dari amerika serikat, yang datang kesana dalam kondisi beres dugem jam 11.30 malam. Jadi mereka itu, lewat di jalan itu dalam kondisi sempoyongan, dua orang. Dua orang itu pas sampai disana betulan, hujan. Dan karena hujan, dua orang itu terpaksa harus berteduh di gedung yang tadi itu. Mereka tidak tahu apa2, mereka tidak tahu bahwa gedung itu diisukan angker, sehingga mereka santuy saja. Mereka sempat ditegur sama satpam, kalian lagi apa disini? kita lagi mabok. Oke.. tapi jangan naik ke atas. Awalnya cuman berteduh, tapi gara2 mabok mereka memutuskan untuk masuk. Cari tempat yang bisa mereka gunakan untuk tidur. 


Lantai 2 seperti Hotel
.

Masuk lantai satu, tidak ada tempat untuk tidur karena penuh material bangunan, karena lagi direnovasi. Akhirnya mereka nekat naik ke lantai dua. Ketika mereka masuk ke lantai dua, disana dilantai dua itu seperti hotel. Ada koridor kanan kirinya kamar. Malam2 hujan, ada petirnya, derr.... 

Mereka mulai datang, pintu pertama ceklek... dikunci. Dikunci.... sampai akhirnya mereka menemukan satu kamar yang pintunya dibuka. Akhirya mereka masuk... Mereka merasakan disitu itu kursinya empuk, dan kasurnya juga empuk. Ada dua kamar di dalam situ, yang satu terbuka, yang satunya lagi untuk masuk kesitu lagi, disitu ada kamar, ada dapur dan ada kamar mandi, seperti hotel. Jadi mereka mulai duduk disitu, mulai berbaring disitu. Dan mulai jam 12, satpam yang dibawah sana itu dengar jeritan....

Dan si satpam yang ada di bawah, mau naik ke atas, karena dia tahu bahwa ada kegiatan supranatural yang sangat berbahaya disana, sehingga dia memutuskan untuk pas naik tangga berhenti. Jadi dia tunggu dibawah, tunggu sampai jam 5 pagi, setelah jam lima pagi baru telfon polisi. Jam setengah 6 polisi naik, tapi polisi takut juga, karena ada kegiatan yang mengerikan. Karena disana terkenal angker. Makanya mereka tunggu sampai matahari terbit, sampai matahari terbit kemudian dia masuk kesana. Dan mereka akhirnya menemukan dua mayat manusia yang mabuk tadi. 

Ini akhirnya beritanya viral, padahal pada waktu itu belum ada internet, tapi koran2 media, radio memberitakanya. Ini kejadian sebetulnya kejadian apa? 

  • Apa yang sesungguhnya terjadi disana? 
  • Apakah disana ada monster yang akan membunuh manusia, 
  • ataukah ada pembunuh berantai disana?
  •  Kalau pembunuh berantai siapa? 

dan bagaimana dia bisa bertahan hidup tanpa diketahui oleh orang lain. Dan kenapa dia hanya di lantai dua? Ada begitu banyak kebingunan yang ada disana. 


Koboi
.

Sampai akhirnya satu bulan kemudian, ketika berita itu sudah mulai surut, datanglah koboi dari amerika serikat. Mereka katakan orang2 inggris itu adalah orang2 yang pengecut, dan suka sama mistik. Kami datang kesini untuk membuktikan bahwa apa yang yang terjadi di lantai dua di gedung barkley square ini bukan sesuatu yang sangat mengerikan. Kami akan pecahkan misterinya. 

Jadi mereka datang malam2, jam setengah 12. Datang malam2 dengan kameramenya. Ijin ke satpamnya dulu... Akhirnya si dua orang koboi itu, akhirnya dia masuk ke lantai satu, dibuka semua, tidak ada apa2. Cari di wc nya, tidak ada apa2. Kami bawa shotgun, pistol 44, ada kameranya.. 

Akhirnya naik ke lantai dua, semua pintu didobrak kemana2.. akhirnya sampai ada satu ruangan yang terbuka pintunya. Tepat jam 12 malam, dua orang yang koboi itu duduk di kasur. Kok aneh disini.. tiba2 ada suara bergerak krekek... Walaupun pintu itu sudah dikunci dari dalam, anak kuncinya muter sendiri. Ceklek ceklek.. dan akhirnya terbuka. Satpam yang ada di bawah, lagi2 mendengar teriakan. Dan tembakan pistol berkali2, dan seterusnya. Akhirnya kejadian yang sama berulang, jam lima lapor polisi. Polisi akhirnya ke lantai dua pada jam 6. Tapi jam 6 itu tidak ada yang aneh, semua baik2 saja di koridor luar. Di koridor dalam ada satu orang di kamar bagian depan tergeletak tak sadarkan diri. Yang dibelakangnya, dilihat... dinding itu sudah penuh dengan satu yang sangat mengerikan. Bayangin orang diblender terus dipecahin disitu. Jadi ada usus ngait di baling2... udah acak2an. Jadi satu orang itu udah hancur, dan satu orang lagi masih utuh. 


Petunjuk dari yang Hidup
.

Kenapa bisa seperti itu? itu juga tidak diketahui, dan misteri itu belum kebongkar, tetapi ada satu petunjuk. Orang yang utuh itu ternyata tidak meninggal, ketika bangun, siuman dia mengalami trauma berat. Ketika ditanya.... awalnya tidak mau cerita. Kondisinya trauma berat. 

Sekitar dua minggu kemudian dia baru bisa diwawancara. Lalu apa yang dikatanya? Disitu memang ada makhluk yang tidak diketahui apa itu, tetapi makhluk itu merayab di lantai, dia tidak bisa melihat bentuk tubuhnya secara keseluruhan, tetapi dia hanya bisa melihat bahwa sesuatu itu ada terlalu banyak tentakel. Ada banyak sekali tentakel, ada banyak sekali lendir. Dan ketika itu ditembak, gak ngaruh sama sekali. Jadi menyerap peluru... Dan si makhluk itu mencekram temanya yang si koboi itu, pas dimukanya. Dan itu membuatnya trauma, tetapi karena trauma dan keterkejutan membuatnya pingsan di tengah jalan. Dia tidak tahu apa yang terjadi, dia hanya tahu temanya itu meninggal, dalam kondisi yang sangat lebih dari tragis. Itu ceritanya...

Apa ceritanya seru? 


-----

Yang barusan saya ceritakan itu adalah sejarah, itu sejarah. Kalau diceritakan seperti itu, kayaknya seru. Bahkan jumpscare nya dua kali pun tetep bikin kaget. Yang barusan diceritakan itu adalah sejarah yang tidak masuk dalam kategori sejarah. 

Kenapa bisa seperti itu? 

Banyak sekali sejarah2 yang diceritakan dengan sangat bombastis, dengan sangat hebat, dan sebagainya. Tetapi realitas itu tidak pernah pakai gimmick, inget...? Realitas itu kering, garing, gak seru. Realitas itu biasa2 aja. Jadi ketika kita menemukan ada sejarah yang wow, yang bombastis, itu mungkin salah satu indikasi bahwa sejarah itu hoax. Dan pada dasarnya, sejarah yang kita terima itu adalah sejarah yang hoax. Makanya mau diakui atau tidak, ketika guru sejarah menyampaikan sejarah, itu menyampaikan sejarah yang palsu. 

Saya gak bilang semua guru sejarah seperti itu, saya cuman bilang banyak guru sejarah yang seperti itu. Kenapa bisa seperti itu? Ada beberapa hal yang harus kita pahami untuk bagaimana memahami sejarah. Sejarah itu adalah fakta, dan fakta itu tanpa gimmick. Dan karena fakta itu tanpa gimmick, maka biasanya dia tidak seru, tidak emosional, dan biasa2 aja. Makanya ketika ada sejarah yang wow, maka kita harus curigai bahwa sejarah itu tidak meyakinkan. 

Sebagai contoh, yang paling kita dengar. Indonesia dijajah 350 tahun. Pada faktanya adalah 34tahun. Tapi kenapa tiba2 350tahun? biar bombastis. Pada waktu itu sebenarnya "kebohongan" itu muncul gara2 ketidak sengajaan. Jadi Sukarno mengatakan dalam pidatonya yang berapi-api di depan rakyat Indonesia. Saudara2 kita dijajah oleh belanda 350tahun, rakyat kita diinjak2, sumber daya alam kita diambil, dan setelah kita merdeka mereka datang lagi. Apakah kita membiarkan mereka datang kembali? mengambil kembali hak2 kita? Ini adalah tanah kita.

Nah ketika Sukarno pidato dengan cara yang seperti itu, dia kemudian bilang Indonesia dijajah 350 tahun. Pada faktanya adalah penjajahan di Indonesia baru terjadi pada tahun 1907 sampai 1942 yang kemudian diduduki oleh jepang, dst. Kemudian belanda datang lagi pada tahun 1945. Yang dalam konteks itu, tahun 1907 sampai 1942, itu berapa tahun? 35 tahun, 34 koma sekian tahun. Pada waktu itu Sukarno bukan sedang menyampaikan sejarah, pada waktu sedang memberikan penjelasan bahwa kalau kita dijajah terus2an, maka sumber daya kita diambil, hak2 kita diambil. Maka kita harus melakukan perlawanan terhadap siapapun yang mau menjajah kita. Jadi ada bahasa2 retoris, ada bahasa2 yang lebai, yang sengaja diutarakan oleh bung karno, bukan untuk membohongi kita, tetapi untuk menaikkan tensi amarah kita, menaikkan tensi perjuangan untuk mempertahankan kemerdekaan. Tetapi 350 tahun oleh sejarawan belakangan2... disebutkan. 

Padahal sudah kita ketahui misalkan begini... Belanda datang ke Indonesia tahun berapa? tahun 1596. Siapa orang pertamanya? Cornelius De Houtman. Datang ke Nusantara kemudian melakukan perdagangan. Tetapi perdagangan itu ternyata datang terlalu sombong, dan dia harus ribut dengan orang2 banten. Orang banten itu jago debus. Jadi dalam pertempuran 250 tentara Cornelius De Houtman pada waktu itu, tinggal 50 orang. Karena dia congkak, dia datang ke Banten. 

Dia datang ke Raja Banten, saya mau pesen pala sama lada. Kata raja, ngantri dulu. Itu ada pelaut jepang, pedangan china, pelaut india, pedagang arab lagi mau beli disini. Tapi mereka tidak punya senapan, saya punya, jadi jangan macem2 sama saya. Baru datang sudah ngancam, memang senapan macam apa? Kata sultan. Ini pak, kalau ditembakin ke jidat bapak, bapak akan mati sekarang. Langsung ngancam, kan kurang ajar.. Coba dong... serem kan. Ditembak... jedor, tidak apa2.. akhirnya terjadi hal2 yang tidak diinginkan disitu, dan cornelius de houtman ditelanjangi dan 200 pasukanya dibantai. Dan kapal2nya dirampas, satu dari kapalnya dipulangin cuma satu. Dan kalau misalkan kalian main ke banten kok ada pakaian adat banten kok mirip sama pakaian belanda zaman dulu, karena itu adalah sitaan dari Belanda. Nah cerita yang saya sampaikan barusan sedikit lebai, tetapi gini. Nanti akan saya sampaikan kenapa kita harus belajar sejarah. 


Laksamana Mala Hayati
.

Akhirnya apa? 5 tahun kemudian Cornelius de Houtmen datang lagi ke Nusantara tetapi tidak mau ke Banten. Takut ditelanjangi lagi, akhirnya dia datangnya kemana? ke Aceh. Masih pamer2 bawa senjata juga. Akhirnya ditatangin sama cewek, ribut sama gua di geladak kapal. Tapi karena zaman dulu, kalau sudah ditantang diajak duel, itu pasti harus nyanggupin, kalau gak kacau banget itu. Yaudah berantem di kapal. Si cewek ngeluarin rencong. Berantem, eh lehernya putus. Cornelis de Houtman meninggal sama perempuan, siapakah perempuan itu? Laksamana Mala Hayati

Laksamana pertama di dunia yang dia adalah perempuan. Perempuan tetapi dia jago berantem. Dan gak ada yang tahu, Cornelis ngira dia itu cewek biasa, yang gitu. Ternyata cewek itu dia jago berantem, dia adalah komandan. Seluruh kekaisaran aceh armada angkatan lautnya dipimpin sama cewek ini. 

Sekarang dilihat dari kronologi itu, mungkinkah kita membenarkan Sukarno bahwa kita dijajah belanda mulai tahun 1596? orang Cornelis yang datang kesitu dikibulin, kemudian datang lagi dibantai. Apakah itu disebut sebagai awal mula penjajahan? tidak..


VOC
.

Setelah itu muncullah VOC. VOC itu juga bukan belanda, voc itu adalah pedagang, anggota freemason, didirikan untuk bikin lapak dagang di Indonesia dan jadi perusahaan terbesar di Dunia sepanjang sejarah. Berkali2 lipat asetnya dari orang paling kaya di Dunia pada saat ini, asetnya. 

Nah itu dapatnya darimana? dari Indonesia. Tetapi apakah ketika di Indonesia itu dia menjajah? tidak. Dia hanya bikin kontrak dagang dengan tiga kerajaan di Indonesia yaitu 

  • Banten, 
  • Makasar, 
  • Mataram. 

Kalau misalkan disebut apakah itu disebut dengan penajajahan? karena masih banyak kerajaan lain di Nusantara. VOC itu bukan belanda, Makanya kalau penjajahan selama 350tahun itu hoax. Itu VOC dibubarkan gara2 flying Dutchman orang VOC yang datang ke Indonesia.  Nah VOC runtuh, kemudian digantikan sama siapa? 

Perancis
.

Herman William Deandles datang ke Indonesia. Dia belanda bukan? dia orang belanda tulen, tetapi dia mengabdi datang ke Indonesia atas perintah Louis Napoleon, adik dari Napoleon Bonaparte. Jadi waktu bikin anyer panarukan, waktu bikin kota bandung bukan atas nama belanda, tetapi atas nama pemerintahan perancis. Dan itulah kenapa salah satu yang melatarbelakangi bandung disebutnya sebagai paris van java. Karena wilayah ini itu dibangunya sama Perancis, bukan sama belanda. Dan itu penajajahanya penjajahan perancis, bukan belanda. Jadi bagaimana ceritanya belanda menjajahnya 350 tahun, padahal Dandles 1808 sampai 1811 berkuasanya atas nama perancis. Dan setelah Deandles dikalahkan, siapa yang meneruskanya? Thomas Stanford Raffles, yang menjadi perwakilan dari Lord Minto. Dan dia perwakilan dari Inggris. Indonesia dijajah inggris disitu 5 tahun. Jadi bagaimana ceritanya 1811-1816 dijajahnya sama Inggris. 

Dan setelah itu Belanda mulai mencoba melakukan penakhlukkan di wilayah nusantara. 1817 menakhlukkan kerajaan Saparua, Perang Padri, Perang Diponegoro



Mereka tidak mungkin menceritakan sebuah peristiwa. Jadi peristiwa itu gak mungkin diceritakan apa adanya. Jadi sejarah sebagai peristiwa, gak mungkin diceritakan, gak mungkin bisa dikisahkan, gak mungkin bisa disampaikan kepada pihak lain. KENAPA? Karena dalam sebuah penceritaan, orang itu terbatas pada memori, dan orang itu terbatas pada apa yang mungkin bisa dia indra. 

Misalkan tadi diceritakan tentang (peristiwa) pagi ini, dia tiduran, makan cakwe, yang bumbunya itu sampai luber2. Yang diceritakanya itu hanya apa? hanya yang bisa dia ingat, dan hanya yang dia kehendaki. Hanya yang mungkin dia indera pada waktu itu, padahal peristiwa pada waktu itu jauh lebih kompleks. Disitu ada emang2 tukang surabi yang ngelihatin avansanya, disitu ada beberapa ekor kuman yang kelindes sama mobilnya. Disitu ada knalpot yang knalpot itu nutupin di belakangnya. TETAPI bagaimanapun ceritanya, sebuah peristiwa itu gak mungkin diceritakan ulang. 

Jadi sejarah sebagai PERISTIWA itu adalah sejarah yang terjadi, dan gak mungkin bisa diceritakan. Dan karena itu tidak bisa kita abadikan, dan karena itu tidak mungkin dipelajari. Sejarah sebagai peristiwa, sejarah aslinya adalah sesuatu yang tidak pernah kita ketahui. Jadi yang kita dapetin dari sejarah itu apa? bukan sejarah sebagai peristiwa. TAPI mungkin, sejarah sebagai kisah. 

Kalau sejarah sebagai KISAH, itu ada sejarah terus si sejarah itu sedikit demi sedikit diwartakan seperti itu. Hanya bagian yang terdokumentasikan, hanya bagian yang tersimpan di dalam memori saja, yang mampu diceritakan. Dan oleh karena itu seluruh... tanpa kecuali, seluruh sejarah, ada BIAS. Seluruh sejarah, adalah tidak sesuai dengan realitas. Karena realitas, daripada yang paling mungkin bisa diceritakan, bahkan oleh para pencerita terbaik di dunia sekalipun. Ketika sejarah sebagai peristiwa, berubah menjadi sejarah sebagai KISAH, itu ada distorsi besar, ada bias besar. Ketika sejarah sebagai kisah, dikisahkan lagi sebagai SENI, itu lebih bias lagi. Jadi ketika kalian nonton film G30S, ketika kalian nonton film latar2 sejarah, misalkan film 3000 Spartan, itu sebenarnya bukan NYATA. TETAPI sebagian besarnya itu adalah bias. Maka untuk belajar sejarah yang mendekati kebenaran, harus mempelajari sejarah sebagai? ILMU. Nah gimana? sejarah sebagai ilmu? saya duduk dulu.. kalau ada yang ditanyakan, ada yang mau ngobrol, silahkan.   


Bias Dalam Sejarah
.


Pertanyaan:
Seluruh sejarah adalah bias, atau tidak sebenarnya terjadi gitu. Sejarah yang paling tepat itu sejarah di ilmuin (sejarah sebagai ilmu). Terus kalau gitu berarti, yang kita ilmui berarti juga gak bener dong? Jadi kita belajar dari suatu hal yang tidak fakta gitu? Jadi apanya yang harus kita ilmui?

Luar biasa, saya bener2 ini ya, gak nyangka ada pertanyaan2 kayak gini muncul dari anak2 SMA. Catat hari ini, tulis di DIARY, Saya mau meramal dan buktikan bahwa ramalan ini benar. Dalam 10tahun ke depan akan ada orang disini yang kemudian menjadi terkenal karena sesuatu yang wah, karya2 yang dihasilkan. Disini bakal ada orang yang muncul ke depan. TAPI apakah ramalan saya ini musyrik? tidak.. tidak seperti itu, tetapi saya akan menjawab yang pertama2, dulu baru kemudian akhirnya yang anda katakan yang tadi itu. 

Pertama di dalam Al Quran, atau secara umum ada di dalam kitab suci. Kisah masa lalu itu bisa disebut sebagai sejarah? bisa tentu saja. Banyak tafsir yang menyebut bahwa di dalam al quran itu tidak pernah disebutkan fakta. Di dalam Al Quran itu tidak pernah disebutkan fakta, misalkan siapa yang disembelih oleh Nabi Ibrahim. Tidak disebutkan namanya disitu sebenarnya. Kapankah Nabi Adam diturunkan ke Bumi, disebutkan tanggalnya? berapa tahun juga tidak disebutkan disitu. Jadi sebenarnya di dalam Al Quran itu tidak ada cerita2 faktual, karena apa? karena itu adalah pelajaran buat orang beriman. Jadi sebenarnya inti dari cerita atau narasi2 di dalam Al Quran itu tidak ada hubungannya dengan

  • Sejarah sebagai ilmu
  • Bukan sejarah sebagai peristiwa
  • Tetapi Sejarah sebagai kisah dan seni sastra

Jadi yang disampaikan, yang paling utamanya itu adalah kisah2 itu untuk melakukan perbuatan2 yang baik. Dan bisa dikatakan kisah2 yang ada di dalam Al Quran, yang mencapai sepertiganya dari total mushaf, itu pelajaran bagi orang yang beriman, bukan sejarah sebagai peristiwa, atau sejarah sebagai ilmu. Begitu... itu yang pertama. 


Yang kedua, kenapa kita tergantung pada Mistik? 
Karena gini nih, MISTIK itu naluriah. Jadi manusia2 yang masih terkekang oleh otak hewani (reptil) itu masih cenderung pada yang mistik. Jadi gini, 


Otak Reptil
.

Ada seseorang diantara kalian masuk di ruang kosong, sepi gelap tengah malam, hanya ditemani oleh BULAN. Pas lihat ke dalam, itu ada makhluk kakinya tiga, matanya merah, belok, dan pas dibuka dia menoleh. Tepat bertatapan mata dengan kalian? LARI? menjerit? Dua2nya? Atau langsung maju dan memeluknya? Nah itulah kenapa kita harus lari pada klenik. Sebenarnya makhluk yang dimaksud itu belum tentu berbahaya. Makhluk itu bisa aja makhluk baik hati yang menyimpan harta karun 100triliun, yang punya petanya. Yang kalau kita dapat petanya, kita bisa tajir kaya raya. Mungkin seperti itu. Iya kan? Mungkin saja itu adalah makhluk yang baik hati yang akan memberikan kepada kita chip yang isinya adalah ilmu pengetahuan, yang pas dijejalin ke otak kita, maka kita menjadi google, si otaknya itu. Mungkin.... Kenapa kita lari? karena kita dikuasi oleh naluri, dikuasi oleh insting rasa takut maka kita LARI. Kita mengabaikan kemungkinan2 rasional atas kemunculan makhluk itu dan fokus untuk menuruti naluri kita. Jadi tempat dimana ketika kita tidak bisa menggapai sesuatu yang rasional, tempat disitulah kemudian kita lari pada cerita2 mistik. 


Film Horor Indonesia
.

Atau contoh yang lebih parah lagi, yang lebih ngeri lagi, adalah gini, 

Kenapa? film2 di Indonesia itu "butut". Ya gak sih? gak semua butut sih? ada yang lebih butut lagi sebenarnya. 

Tapi kenapa film2 di Indonesia itu butut? Karena dilandaskan pada misteri2 yang palsu. Jadi misteri palsu itu misalkan begini maksudnya ya? KENAPA? kalau ngomongin cerita mistik itu, seharusnya di Indonesia jauh lebih kaya dibandingkan di Amerika Serikat, karena orang Amerika Serikat lebih rasional, sedangkan kita lebih mistik, bener gak? Bener kan? 

TETAPI kenapa? yang difilmkan? yang muncul ke dunia, yang muncul ke blogspot2. Yang di web, itu kebanyakan yang berasal dari luar sana?

Kenapa tidak yang dari Indonesia? karena yang dari Indonesia itu, misterinya CUPU. 


Jadi misal gini, cerita dari Conjuring, itu diambil dari kisah nyata. Ada yang pernah nonton filmnya? ada yang pernah kemakan jump scare nya? 

Nah kenapa film itu pada akhirnya rame?
kenapa film itu diangkat dan sebagainya?

Karena orang amerika serikat itu melakukan penelitian yang sangat dalam terhadap kasus itu. Penelitianya bener2 dalam, sampai akhirnya baru ketahuan ada penjelasan ilmiah disitu. TAPI baru tahun sekarang, ada penjelasan ilmiahnya. Sebelumnya Amerika Serikat itu cari bukti susahnya luar biasa, untuk bisa memecahkan kode itu. 


Rasio dan Misteri
.

Jadi gini, orang Amerika Serikat itu menyimpan misteri di atas rasio. Jadi kalau rasio itu sudah gak nemu, sudah mentok, gak nemu sama sekali. Baru mereka ambil, itu adalah sesuatu yang misterius. Di Indonesia, gak seperti itu, ada kejadian aneh. Boro2 di rasionalisasikan, langsung disebut itu sebagai misteri. Jadi misteri dulu, baru rasionya itu gak dipakai. 

Jadi Misteri itu menutup rasionalisme. Kalau dibongkar lebih awal, baru gak ketemu sama sekali. Baru itu jadi misteri yang seru. Tapi ini gak ada penelitian, langsung disebut ini adalah misteri. Makanya kita itu ketinggalan, pada hal yang sangat mistik sekalipun, pada hal yang misteri sekalipun, kita ketinggalan. Kenapa? terkait dengan yang tadi itu. Karena kita itu masih dikuasai oleh naluri, bukan dikuasai oleh RASIOMakanya,


Hewan dan Naluri
.

Kalau hewan, boleh dikendalikan oleh hal2 yang naluri
. Kalau kita tertekan dan terdesak, boleh kita ngikut pada naluri. Tetapi pada hal2 yang lain, silahkan gunakan OTAK. Bisa gak? kayak gitu? darisitu kita akhirnya jadi 

  • bangsa yang maju, 
  • bangsa yang kuat, 
  • bangsa yang hebat. 

Bukan bangsa yang kalau ada misteri penari di Desa KKN, kita langsung panik. Langsung .. itu kisah nyata lho

ada gak? penelitianya? gak ada. 

Cuman pengakuan dari sekelompok orang, segelintir orang, si ini si ini, terus ada spekulasi terjadinya disana. 

Datangkan akademisi disana, pelajari lebih dalam. Gak ada yang mau melakukan itu. Orang kita lebih suka menyimpan misteri sebagai puncak keimanan kita, dan akhirnya kita hancur, bukan rasio kitaNah, pertanyaan yang tadi itu, kenapa pada akhirnya sejarah banyak yang lari ke mistik? karena kita, tidak terbiasa menggunakan metodologi ilmu. Dan inilah corak pemikiran kita  yang membuat kita menjadi bangsa yang tidak maju.




Kalau Sejarah itu HOAX
.

Kalau sejarah itu adalah hoax, sejarah itu adalah bohong. Lalu ilmunya menjadi bohong. Semua ilmu akademik itu, gak bisa lepas dari kebohongan. Semua tanpa kecuali, bahkan saya pernah ribut sama guru fisika, yang akhirnya didamaikan dan dibenarkan oleh professor fisika terkemuka, dari universitas bohong. 

Saya katakan bahwa ilmu fisika itu, adalah ilmu yang saking majunya, Sekarang FISIKA itu disebut sebagai mutiaranya ilmu pengetahuan. Saking majunya ilmu fisika, sampai sekarang ilmu fisika itu 

  • menjadi hoax, 
  • menjadi bohongan, 
  • menjadi palsu. 


Dan ini sebenarnya sudah diperdebatkan oleh einstein melawan bohr. Tapi yang jelas, fisika itu semakin kesini semakin halu. Halusinasi itu, bukan berarti halusinasi beneran, tetapi kita terlambat/ gagal untuk bisa mencapai penelitian empiris, saking fisikanya maju. Jadi saking majunya fisika, metodologinya terlambat. 


Atom
.

Jadi misalkan gini lah, apa dalemnya atom? Proton Neutron Elektron. Apa dalemnya newtron? Quark... graviton, dlsb. 

Yang dinamain itu semuanya, itu sampai saat ini, secara empiris tidak terbukti. Partikel, yang namanya elektron, sampai saat ini itu gak ada, gak pernah terlihat secara empiris. 

Tapi itu menjadi dasar pijakan bagi fisika. Artinya apa? fisika itu tidak terbukti, hanya terteorikan. Makanya sekarang fisika menjadi semakin liar

  • ada teori multiverse, dll 
  • sekarang kebanyakan menjadi hipotesis. 

Kebanyakan teori fisika adalah hipotesis. Kenapa seperti itu? Karena materinya, narasinya, jauh lebih cepat, jauh lebih maju, daripada manusia disitu melakukan studi empiris disitu.

 

Sejarah sebagai ILMU
.

Nah.. sejarah menghadapi hal yang sama walaupun tidak kayak gitu. Jadi kalau kalian mau tahu tentang sejarah, sejarah sebagai metodologi ilmu, itu gak pernah mungkin bisa sepenuhnya benar. Tetapi bisa diklaim dan dipertanggung jawabkan bahwa itu adalah sejarah yang shohih. 

Jadi gini ya, kalau kita mau tahu tentang sejarah, 

Yang pertama kita lakukan itu adalah mengumpulkan sebanyak mungkin sumber. Yang kemudian di dalam metodologi sejarah disebut sebagai heristik. Heristik itu mencari sumber sebanyak banyaknya, mau yang A mau yang B, cari sumbernya itu sebanyak banyaknya. Dan sejarah sebagai heristik itu, berarti kita menerima semua sumber, ilmu pengetahuan, dari berbagai perspektif, dari berbagai  Pengakuan, mau bener, mau tidak. 


Setelah dikumpulkan dari banyak sumber, kita seleksi. Masuk yang namanya KRITIK. Kritik itu kita uji satu per satu sumber, diujinya itu paling lebai, paling susah, setelah diuji baru diinterpretasikan. Setelah mencapai metodologi yang tadi, baru itu disebut SEJARAH sebagai ILMU. Tetapi sejarah sebagai ilmu itu menjadi kering, dan terbatas. Dan bisa dipertanggungjawabkan, tetapi validitasnya tidak bisa. 


Misalkan gini, dalam sejarah, apa nama kerajaan tertua di NUSANTARA. 

Ada yang tahu?

Gini nih ya, Nabi SUlaiman itu meninggal tahun 1991 sebelum masehi. 

Kenapa meninggal? gara2 sakit. 

Kenapa sakit? gara2 telah melakukan perjalanan panjang. 

Salah satunya ke sebuah wilayah yang diberkahi oleh Tuhan. Yang kemudian dia disana dapat, 

  • Bulu Burung Merak
  • Kayu Cendana
  • dan Emas

Yang tiga komoditas itu kayaknya dekat dengan NUSANTARA. Jadi Nabi SUlaiman mendapatkan 400talenta emas, dari sebuah wilayah yang disebut OVIR. Ke tempat yang diberkahi oleh Tuhan, yang Nabi Sulaiman datang ke situ menggunakan Angin. Dan disitu dia mendapatkan

  • Bulu Burung Merak
  • Kayu Cendana
  • Dan Emas



Nusantara
.

Wilayah yang dimaksud kemungkinan besar adalah BHARUS, sumatera Utara. Karena disitu disebutkan bahwa Nabi Sulaiman itu berdiplomasi dengan kerajaan itu, sehingga mendapatkan 400talenta emas, artinya disitu sudah ada kerajaan. Masalahnya Nabi Sulaiman hidup 991 Sebelum Masehi. Artinya sudah ada kerajaan di NUSANTARA pada waktu itu. 


Masalah dalam Sejarah
.

Kalau gitu kenapa disebutnya KUTAI tahun 414 Masehi. Baru kerajaan pertama di NUSANTARA itu pertama KUTAI, kenapa begitu? Nah inilah masalah di dalam sejarah, kenapa KUTAI disebut sebagai kerajaan pertama? karena yang paling tercatat, yang ada bukti tertulisnya. Bukti otentiknya itu adalah KUTAI. Kerajaan2 sebelum itu, para sejarawan yakin 100persen, ada.. kerajaan2 itu. TETAPI tidak ada peninggalan tertulisnya. Nah oleh karena itu, sejarah itu terbatas pada sesuatu yang terbukti secara otentik. 

 

Hadits
.

Ini sama seperti hadits, hadits itu lebih banyak yang hilang, daripada yang ada. KENAPA? karena bayangkan saja, Nabi Muhammad itu selama 23tahun berbicara, dan ada 4000 orang sahabat yang meriwayatkan, yang menuliskan langsung dari sabdanya. 

TAPI yang dikumpulkan sama Bukhori saja, itu hanya 7000an. Dan kalau diringkas2 lagi, disitu banyak pengulangan tetapi beda perowinya. Kalau diringkas2 hanya sekitar 2000an. 

Jadi lebih banyak hadits yang hilang, kenapa hadits yang hilang itu dibiarkan? 

  • karena hadits yang hilang itu diduga palsu, 
  • diduga tidak otentik. 

Jadi Imam Bukhori itu kalau mendapatkan sebuah kabar, mungkin saja itu asli, tetapi daripada itu palsu dan saya menceritakanya, lebih baik saya membuang hadits itu, walaupun kemungkinanya itu adalah asli. Nah begitu juga dengan sejarah, banyak sebenarnya cerita2, banyak juga kisah2 yang seharusnya bisa kita jadikan referensi, tetapi tidak digunakan oleh sejarawan, gara2 buktinya minim, salah satu buktinya itu dia adalah harus tercatat. 

Nah dengan kondisi yang seperti itu, maka sejarah sebagai ilmu itu, mendekati kebenaran ilmiah tetapi dia tidak memberitakan kepada kita sejarah yang asli sebagai peristiwa. Gitu.. Paham ya?



--

Peristiwa G30S, apakah itu peristiwa yang nyata? Peristiwanya nyata, tetapi tidak ada seorang pun yang mampu menceritakanya secara otentik dan valid sesuai dengan fakta. Gak mungkin. Karena terlalu banyak konspirasi yang melibatkan jutaan orang disitu. Sehingga para sejarawan mengambil sebuah kesimpulan bahwa pada akhirnya G30S adalah peristiwa yang akan menjadi MISTERI selamanya, karena semakin kita menelitinya, semakin banyak saksi2 hidup yang jadi mati. NAH tapi, apakah peristiwa itu benar2 terjadi? benar. Apakah itu dilingkupi oleh nuansa politik? juga benar. Maka bagian terbesar dari narasi G30S itu adalah narasi politik, yang sejarah sebagai ilmu, itu susah sekali mengungkapnya. 1.11

 

1.16

Acara seperti ini seharusnya jangan diulang. Karena begini nih, ada sebuah penelitian yang ini harus disampaikan. Generasi saya, itu mampu untuk menyerap informasi itu dalam 15 menit sampai 30menit. Yang pinter itu 30menit, bisa menyerap informasi. Tetapi generasi kalian, adalah generasi yang paling dikutuk di dalam sejarah. Tidak ada tantangan yang lebih berat dibandingkan tantangan generasi sekarang. Kenapa  coba? dan inilah yang membuat kalian itu tidak bisa FOKUS, untuk bisa mendengarkan ceramah lebih dari 15menit. Jadi kalau kalian bisa mendengarkan saya lebih dari 15menit, itu kalian yang cerdas, atau saya yang hebat di dalam bernarasi. TAPI gini, kenapa kalian itu disebut sebagai generasi yang dikutuk? Karena gini, 300tahun yang lalu, ketika seorang kakek menceritakan satu nilai moral, atau pelajaran, atau pengetahuan, kepada cucunya, maka si cucu itu masih bisa menceritakan hal yang sama kepada cucunya lagi, karena masih relevan. Ngerti gak? jadi apa yang diceritakan kakek buyut itu, masih relevan dipakai zaman sekarang. TETAPI generasi zaman sekaran gitu adalah generasi yang terdisrupsi, berkali2 sepanjang hidupnya. Waktu kalian lahir, orang tua kalian itu masih nyandu yang namanya facebook. Dan baru 15tahun kemudian, 20tahun kemudian, facebook dianggap ketinggalan zaman. Sekarang digantikan sama TIK TOK, sekarang digantikan sama IG dan lain sebagainya. Dan dalam 10tahun ke depan IG TIKTOK akan di disrupsi lagi, oleh mungkin yang namanya META, atau NURALINK, atau yang lainya. Jadi apa? apapun yang diceritakan oleh kakek kalian itu gak akan berguna untuk nilai kalian hari ini. Karena zamanya berbeda, udah berbeda, 100persen berubah. Dam generasi kakek kalian itu, nonton layar tancep, atau bioskop, itu bisa 2jam atau lebih dan mereka kuat. Sekarang kalian itu nontonya AQ7. Kalian nontonya review film yang cuman 20menit. Dan kemudian kalian tidak cukup kuat dengan itu, kemudian kalian nonton TIK TOK SHort Youtube, yang cuman beberapa menit, scroll, beberapa menit scroll. Kalian tidak bisa menyimak sesuatu yang panjang. 1.18

 

 

--


Apakah kisah masa lalu itu bisa disebut dengan sejarah? bisa. Banyak tafsir, di dalam Al Qur-an itu tidak pernah disebutkan fakta. Misalkan siapa yang disembelih oleh Nabi Ibrahim? tidak disebutkan namanya disitu sebenarnya. Kapankah nabi adam turun ke bumi, berapa tahun juga tidak pernah disebutkan disitu. Jadi sebenarnya di dalam Al Quran itu tidak ada cerita2 faktual. Karena apa? karena itu adalah pelajaran buat orang beriman. Jadi sebenarnya inti dari narasi2 di dalam Al Quran, itu tidak ada hubunganya dengan sejarah sebagai ilmu, bukan sejarah sebagai peristiwa, tetapi sejarah sebagai kisah, dan seni sastra. Jadi yang disampaikan itu adalah, kisah2 itu memotivasi kita untuk melakukan perbuatan yang baik. Dan bisa dikatakan, seluruh kisah2 di dalam Al Quran, yang mencapai sampai sepertiganya dari total mushaf, itu adalah pelajaran buat orang beriman. Bukan sejarah sebagai peristiwa atau sejarah sebagai ILMU.

 


Napoleon dan Hitler
.

Napoleon Bonaparte pada tahun 1814, telah menguasai seluruh EROPA, kecuali Inggris, dan Rusia. Lalu Napoleon sebagai jendral terbaik sepanjang sejarah, kita akan habisi dulu RUSIA, baru kemudian Inggris. Setelah itu kita bener2 menguasai, EROPA. Kalau sudah menguasai EROPA, karena EROPA menjajah seluruh bangsa, maka kita akan menguasai DUNIA. Itu kata Napoleon Bonaparte, tahun 1814. Dan ketika itu apa? ketika Napoleon menyerang, tanggal 22 Juli, musim panas. Tetapi OTW ke RUSIA itu panjang, dan dia sampai disana pas musim dingin, akhirnya dari 250rb prajurit yang dia bawa, hanya 50rb yang berhasil pulang. Dia menelan kekalahan yang sangat2 memilukan. Dan setelah itu, dia dikalahkan juga sama INGGRIS. Oke.. itu kejadian sejarah, catat.. kejadian sejarahnya seperti itu. 

Sekitar 100 tahun kemudian, ada penakhlukan dunia, oleh adolf hitler. Hitler menguasai EROPA tahun 1941, seluruh EROPA kecuali Inggris dan Rusia. Bingung Hitler, maka dia memutuskan untuk menyerang Rusia terlebih dahulu. Terus kata jendral2nya, bos belajarlah dari sejarah. Kita kondisinya sama kayak dulu, kalau kita sekarang nyerang RUSIA, maka kita akan dikalahkan. Terus kata hitler, kenapa kita bakal dikalahkan? Karena dulu Napoleon juga melakukan hal yang sama, pada fenomena yang sama, dan dia dikalahkan. Itu karena pasukan yang dibawanya cuman 250rb, sekarang kita kerahkan 3juta orang kesana. Kata hitler dengan berapi-api. Maka hitler bener2 menyerang, tapi kan? nanti musim dingin. Nah napoleon, melakukan serangan pada tanggal 22 Juli, hitler melakukan serangan 24Juli. Nyerang, eh kalah. Balik lagi, diserang sama inggris, dan kalah. Peristiwanya tidak sama, karena dua tokohnya berbeda, senjatanya berbeda, zamanya berbeda.TETAPI fenomena sejarahnya, sama.

 


Soekarno dan Suharto
.

Indonesia punya presiden yang sangat kuat luar biasa, yang ditakuti oleh bangsa2 lain di seluruh dunia. Yang menjadikan Indonesia salah satu kekuatan militer terbesar, di dunia. Siapa? Soekarno. Saat dia menaikkan harga2, atau menaikkan harga2 melambung tinggi. Maka dia dijatuhkan dengan cara yang paling menyakitkan. 32tahun kemudian datanglah Pak Harto, dia kuat, dia hebat, dia disegani oleh bangsa2 lain di seluruh dunia. Indonesia hampir maju, era lepas landas, korea jepang gemeteran lihat Indonesia di zaman itu, bisa bikin PESAWAT TERBANG, bisa bikin Kapal laut, bisa bikin mobil, pada waktu itu. Barang2 elektronik kita bikin secara mandiri dan independent. Tapi ketika dia membiarkan harga2 kebutuhan pokok naik, dia dijatuhkan dengan cara yang paling menyakitkan. FENOMENA sejarah itu selalu berulang, walaupun peristiwanya tidak sama. 

Jadi kalau kalian belajar tentang peristiwa2 masa lalu, abaikan dulu faktanya. Abaikan dulu alur ceritanya, karena kalian harus mengenali sejarah, sebagai sesuatu yang bisa kalian ambil. Sejarah adalah Guru bagi kehidupan. Jadi kalau kalian belajarnya dari situ, kalian akan mendapatkan sesuatu yang lebih penting. Jadi maksudnya gini, ada guru sejarah nanya sama kalian, Pangeran Diponegoro melakukan perlawanan kepada Belanda tahun berapa? 

Gak penting, pertanyaan itu gak penting. Dan dijawab pun gak penting. 

Kenapa? pertanyaan itu gak akan kalian dapati ketika kalian melamar jadi kasir Indomaret. Pertanyaan itu juga tidak akan ditanyakan oleh HRD kalau orang itu membutuhkan manager. Pertanyaan itu juga gak dibutuhkan kalau ada orang yang membutuhkan pembantu rumah tangga. Bahkan ketika kalian menikah, penghulu gak akan nanya. Sebelum menikah, ditanya Pangeran Diponegoro meninggal tahun berapa? Gak gak gak... itu gak akan dibahas, lalu kenapa kalian belajar itu? kan gak penting. Kalian hafalin habis2an, ulangan bener. Udah ulangan, kalian lupa. Ya gak masalah... itu kan gak penting sebenarnya, jadi ngapain dipelajari? Yang paling penting bahwa sejarah memberikan kepada kita ilmu pengetahuan yang paling relevan agar kalian bisa menjalani kehidupan dengan sebaik2nya hari ini

Gini nih, siapa orang yang paling pinter hari ini? pasti dimulainya dari sejarah, gak mungkin enggak. 

Disini siapa yang ranking satu? 

disini siapa yang katanya paling pinter? 

Kalau saya tanya ke  Pak Jokowi, Pangeran Diponegoro meninggal tahun berapa? 

Mungkin dia gak bisa jawab atau dia gak tahu. Dan seandainya dia gak tahu, toh dia jadi Presiden. Yang paling pentingnya sebenarnya bukan gitu, yang paling pentingnya gini. 

Ada gak? Ilmu Pengetahuan yang didapatkanya dari masa depan? gak ada

Ada gak Pengetahuan yang didapat dari hari ini? gak ada. 

Seluruh ilmu pengetahuan, itu didapat dari peristiwa masa lalu. Maka ketika kalian semakin banyak kalian belajar tentang masa lalu, bukan tentang faktualnya. Semakin banyak kalian mengetahui sesuatu, dan semakin bijak kalian akan melalui kehidupan. Yang paling pentingnya adalah itu.

Gini nih, temenya temen saya, gak sekolah, tetapi dia lebih pinter, lebih kaya, daripada kebanyakan orang yang sekolah. Dan dia bekerja, lima menit sehari, sambil rebahan. Kerjanya rebahan, lima menit, gajinya 120juta sebulan. Dan dia bisa melipatgandakanya sesuka hati, kalau dia mau. Gak usah sekolah. Gimana caranya coba? gak usah pesugihan, gak usah yang gitu. Ini caranya paling sederhana, dan luar biasanya gak diajarin di sekolah. Makanya dia sukses itu karena dia gak sekolah, kalau dia sekolah dia gak akan sesukses itu. Jadi gini ceritanya, mohon disimak dengan sebaik2nya agar kita lebih bijak, dan kita punya satu materi dari sejarah agar kita bisa melakukan dan menjalani hidup dengan lebih baik. Si temen saya itu, yang kerjanya cuman lima menit sambil rebahan, apa yang dia lakukan? dagang bebek. Di Pantai Utara, itu harga bebek 120ribu. Karena banyak yang suka daging bebek, tapi jarang yang beternak bebek. Di selatan jawa, itu banyak banget yang beternak bebek, tetapi jarang yang suka daging bebek. Jadi yang dia lakukan adalah, dia kerjanya cuman lima menit, telfon sambil rebahan. 

Telfon pertama: Mang... tolong ambil bebek hari ini, 200biji, dari si Pak Haji Qosim, di Cidaun.

Telfon kedua: Pak Haji Qosim, kumahaa? damang? masih di cidaun? kami mau ambil bebek, yang kemarin dipesan itu. Tolong disiapkan 200biji. Nanti akan ada anak buah saya yang akan ngambil. Satu bebek harga 75ribu.

Telfon ketiga: Pak nanti ada anak buah saya yang mau anter bebek, 200biji, tolong transfer ya, harganya 120ribu.  

Untungnya 9juta, dari 9 juta itu dia bayar mobilnya, dia bayar sopirnya 4juta rupiah. Oke.. jadi dia dapat berapa? dia dapat 5juta. Dia ngirimnya 20 kali, atau sepuluh kali per bulan. Jadi 5 juta kali 10? 50 juta. Kalau 20 kali? dia dapetnya? 100juta per bulan. Kerjanya darisitu, dari nelfon doang. Nah.. ilmu yang barusan itu, dipelajari gak? waktu belajar matematika? enggak, belajar sejarah? belajar ekonomi? Gak ada di ekonomi liberal, ekonomi kapitalis gak dipelajari disitu.

Dia nelfon 5 menit doang, dia dapat penghasilan 100sampai 200juta, semau dia. Cuman cukup nelfon doang. Kejadianya kayak gitu, sekarang... apa pentingnya sekolah? Kalau ada orang yang kerjanya sambil tiduran saja, sambil nelfon, dapat duit banyak. Apa faidahnya sekolah? faidahnya sekolah itu adalah bahwa semua materi yang dipelajari di sekolah, yang diajarin di sekolah itu bukan fokus untuk mendapatkan nilai. TETAPI bagaimana caranya agar pelajaran2 itu mengasah otak kalian, menjadi lebih pinter, menjadi lebih smart. Makanya bersemangatlah, bukan karena kalian mendapatkan pelajaran tertentu, bukan karena kalian akan bertemu dengan guru tertentu, tetapi agar kalian mendapatkan akses, mendapatkan fasilitas, agar kalian itu bisa mengambil pelajaran dari sesuatu yang sebelumnya belum pernah terpikirkan. 


Transkrip teks ini didapatkan dari Channel Youtube Mutiara Bunda

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Korupsi dan Penjajahan | Catatan Guru Gembul

  Saya kemarin cerita ke murid2 saya di sekolah , cerita bahwa di Indonesia KORUPSI itu susah untuk diberantas. Misalkan PAK SAMBO divonis sekian tahun penjara. Siapa yang membuktikan? bahwa nanti dia akan tetap tinggal di penjara? saya katakan seperti itu. Mungkin aja dia ganti identitas, terus dia pindah pulau, pindah negara, dan sebagainya. Atau malam2 bisa keluar, kan pernah ada kejadian yang seperti itu. Karena ada contohnya, ada berita yang keluar.    Kan misalkan begitu, ini mah kan hayalan. Kan misalkan begitu...   Putus Asa . Saya katakan, jadi kalau misalkan kita mau memberantas soal korupsi, kita gak bisa bilang bahwa hukuman mati buat koruptor dan sebagainya. Gak sesederhana itu, saya jelaskan bahwa KORUPSI itu begini, begini, begini. Kemudian saya tanya , sebagai guru kan, setelah saya ajukan masalahnya. Kira2 menurut kalian, apa solusinya? Mereka itu kompak jawabnya, pak sudahlah pak, jangan bahas yang kayak gini terus. Kalau misalkan kita mau maju, kita undang lagi pemer

Masalah Pendidikan - Catatan Guru Gembul

  Guru Gembul . Berikan tepuk tangan untuk Bang guru gembul. Emang tinggal di Bandung?  Tinggal di Bandung, saya kan? orang Bandung.  Kirain sudah berkarir di Jakarta.. Saya itu dulu suka main PS. Jadi si avatarnya di dalam PS itu kalau bikin  orang gitu, buat diberantem2in, itu namanya GEMBUL apa gitu. Sedangkan  Gurunya karena guru?  Gurunya  karena saya profesinya  dalam tanda kutip ya, adalah  guru. Sampai sekarang masih mau ngajar?  MASIH..kemarin aja saya ngajar di sekolah.  Tapi itu tetap seperti guru-guru di SD Negeri atau apa? atau gimana? Guru honor  tidak tetap sih. Guru Honor, spill donk... gaji berapa sih? guru honor sekarang berapa?    Iya sekitar 900ribu sampai sejutaan, sebulan. K alau yang temen-temen saya itu bisa sampai 150.000  ada yang 200ribu. Ada juga yang bertahun2 gak dapat? jadi ikhlas aja makanya ya?  Sensasi . Makanya di sini tuh di negeri kita tuh.. Jadi ada orang-orang yang cari sensasi bikin kerusakan moral dan  lain-lain itu gajinya gede banget. Guru tu

Banjirnya Ilmu Pengetahuan | Catatan Guru Gembul

  Disklaimer Ini adalah transkrip dari youtube perbincangan Helmi Yahya dengan Guru Gembul. Jadi kalau mau melihat lebih lengkap, bisa langsung saja ke sumber perbincanganya.    Zaman Media . Sekarang itu zaman media. Jadi kalau misalnya (ada pertanyaan) Pengetahuanya darimana? Itu sebenarnya pertanyaan kurang relevan untuk zaman sekarang. Karena kita (untuk) mengetahui / akses untuk mendapatkan informasi itu banyak sekali kan? (Untuk Zaman) Sekarang pertanyaan yang paling utama BUKAN Darimana kalian mendapatkan Pengetahuan?  Tetapi darimana? (kita mengetahui bahwa) Pengetahuan itu BENAR, Pengetahuan itu bisa DIVERIFIKASI.   Kurasi menjadi penting?  kegiatan mengelola benda-benda dalam ekshibisi di museum atau galeri Iya itu penting. Kan kalau misalkan dalam metodologi ilmu itu, setelah kita mengumpulkan sebanyak mungkin sumber, kita mampu mengkritik sumber itu. Nah kita sekarang, di zaman digital, di zaman cyber, di zaman yang entah namanya apa ini? yang setiap sepuluh tahun itu namp