Langsung ke konten utama

Naluri Manusia | Catatan Guru Gembul 207


PDKT ke Cewek
.

Banyak sekali di kolom komentar pertanyaan-pertanyaan receh para jomblo.
Pak Guru Gimana sih cara ngedeketin cewek?
Kenapa susah amat? mereka teh.. gak bisa dijelasin
atau Pak Guru, buatkan video (tentang) gimana caranya PDKT ke cewek?
dan sebagainya.

Akar masalahnya katanya, cewek itu susah untuk bisa diterjemahkan apa maunya, dan Kenapa cowok selalu salah dimata cewek? Ada pertanyaan-pertanyaan seperti itu yang bahkan sampai harus nih Japri ke saya ke WA. Pak ini gimana pendekatan ke cewek saya ngomong panjang lebar di Jawabnya cuman satu atau dua kata saja atau bahkan satu atau dua huruf saja. "

Baraya begini ya udah kalau mau minta penjelasan Gimana caranya supaya PDKT lebih baik nanya ke Kiwil saja, karena dia sudah terbukti walaupun dengan wajah sederhana tetapi cewe cewenya banyak dan cakep-cakep. Tapi karena channel ini gado-gado saya akan
jawab saja semoga berfaedah, tetapi sebelum itu saya pengen dan atau meluruskan satu hal yang utama dulu. Bahwa Apakah cowok selalu salah dimata cewek itu sebenarnya adalah pandangan yang subjektif yang searah kacamata kuda. Faktanya di lapangan adalah bahwa para wanita itulah yang lebih banyak dipersalahkan atas kegiatan-kegiatan yang mereka lakukan yang ternyata juga sama dilakukan oleh laki-laki. Misal kalau cowok dan cewek ngerokok itu stigma nya sangat berbeda padahal perbuatannya sama-sama merokok. Tapi kan kalau cewek ngerokok itu bertiup merusak rahimnya ya cowok juga akan merusak ada organ seksualnya, mohon maaf, kan begitu.

Atau misal masyarakat lebih mudah memaafkan laki-laki yang selingkuh daripada perempuan yang selingkuh. Jadi sebenarnya stigma itu lebih banyak mengarah pada perempuan, daripada para laki-laki. Nah banyak hal yang harus kita luruskan makanya saya bikin video ini dia kita.

 

Naluri Manusia
.

Manusia itu dikendalikan atau dikuasai oleh dua naluri besar. PERTAMA adalah naluri untuk mempertahankan diri, yang KEDUA adalah naluri untuk mempertahankan spesies.

Naluri mempertahankan diri itu nampak kalau 

  • Kita marah, saat diganggu. 
  • Kemudian kita ingin menguasai sebanyak mungkin sumber daya. 
  • Kita ingin kaya, kita takut miskin, karena itu kita giat bekerja.  
  • Kita melawan orang2 yang menghalangi tujuan kita. 


Semua itu merupakan wujud dari naluri untuk mempertahankan diri. Kita juga melihat bahwa sejak kecil anak2 seneng dengan main game. Dan kebanyakan dari plot game itu adalah menakhlukkan atau mengalahkan pihak yang lain. Sekarang naluri kita, memang mendorong untuk melakukan itu. Itu yang pertama...

Kemudian yang kedua itu adalah NALURI untuk mempertahankan spesies. Wujud dari naluri mempertahankan spesies adalah kita saling sayang. Kita kasihan pada bayi, kita kasihan pada lawan jenis, kita sayang sekali pada lawan jenis, tertarik pada lawan jenis. Kemudian kita suka baca novel2 cinta, kemudian kita suka komik atau sinetron atau apapun yang labelnya terkait dengan CINTA, romantisme. KITA juga tertarik dengan hal2 yang berbau pornografi, ataupun variasinya dan sebagainya. Ini adalah wujud dari naluri kita untuk mempertahankan spesies.

Laki2 Mempertahankan Diri
.

Nah kalau kita pisah antara dua naluri itu, laki2 itu cenderung pada naluri untuk mempertahankan diri. Sifat2 tubuhnya, atau karakteristik otaknya, mendorong laki2 itu untuk melakukkan fungsi2 mempertahankan diri. Misalkan tulang kulit ototnya lebih kuat daripada wanita. Sisi agresinya lebih kuat. Testosteronya 10 kali lebih besar daripada perempuan.

SEBALIKNYA perempuan tubuhnya tidak mendukung untuk mempertahankan diri, seperti hal nya laki2.

  • TUBUHnya lebih lembut,
  • kulitnya juga lebih lembut,
  • kemudian tulang2nya  juga tidak sebesar dan sekuat laki2, sehingga mudah sekali untuk osteoporosis dan lain sebagainya.

Kenapa seperti itu ? karena fungsi2 tubuhnya memang bukan untuk mempertahankan diri. TETAPI untuk mempertahankan spesies. Beberapa bagian tubuhnya memang didesain secara penuh, untuk bereproduksi untuk melakukan kegiatan2 seksual. Bahkan naluri atau mental perempuan diarahkan untuk memenuhi kodratnya itu.


Makhluk Sosial
.

Nah Karena manusia itu adalah makhluk sosial, makhluk yang tidak bisa berdiri sendiri. Maka manusia harus membuat relasi yang kuat antara dua lawan jenis itu. Inilah kemudian secara tradisional dibuatkan ritualnya yang bernama perkawinan / pernikahan. Jadi kalau orang zaman dulu gak relevan, itu kan cuma legalisasi seks.
Gak seperti itu baraya, ada filosofis mendalam yang terkait dengan naluri2 dasar manusia. Nah dari sinilah kita memahami bagaimana cara berkomunikasi laki2 dan cara berkomunikasi perempuan.


Karakteristik Manusia
.

Pada dasarnya, karakteristik laki2 dan karakteristik perempuan itu sama, sama2 bisa nangis, sama2 bisa marah, dan lain sebagainya. TETAPI disini ada perbedaan terkait dari perwujudan dari naluri yang tadi itu. Ada hal besar terkait dengan perempuan yaitu dilema. Ketika perempuan tertarik dengan laki2, dia terdorong untuk mempertahankan spesiesnya, tertarik pada lawan jenis. Tetapi ketika dia mendekati laki2, maka dia akan mengkhianati naluri untuk mempertahankan dirinya. KENAPA? karena laki2 itu lebih kuat, lebih besar, lebih bisa mengintimidasi. Dan bisa atau berpotensi melakukan kecelakaan2 terhadap perempuan. Maka ketika si perempuan ingin terhadap laki2 untuk mempertahankan spesiesnya, dia mundur lagi karena si laki2 itu berpotensi untuk menyakiti dirinya, atau mengkhianati naluri untuk mempertahankan dirinya. Nah dilema seperti ini tidak pernah dimiliki oleh laki2. Dan karena itu si perempuan akan menjadi bingung dan akan menjadi galau. Kita seringkali melihat perempuan suka sama laki2 yang entah bagaimana ceritanya dalam sebuah momen, keinginan itu hilang, ketertarikan itu hilang. Padahal momenya cuma sedetik, yang tidak diduga sama orang, tiba2 dia langsung hilang ketertarikanya. Karena sejak awal si otak perempuan itu menghadapi dilema yang sebesar itu. Atau yang bisa dijelaskan dalam rumus ini misalnya. 

Misalnya perempuan tampil seksi, menor atau dandan. Apa tujuanya seperti itu? tentu saja untuk menarik perhatian. Ketika si lelaki mendekati, tertarik, atau melongo, si perempuanya malah marah.
Apa sih... kamu teh gak bisa menghargai cewek banget. Dasar cabul lho..
.

Nah.. kan ini si cowoknya jadi garuk2, itu si cewek tampil seksi itu adalah untuk menarik perhatian. Nah setelah mendapatkan perhatian, malah dimarahin juga. Nah banyak perempuan yang tidak bisa mengerti, kenapa perempuan seperti itu. Tetapi dengan rumus yang dijabarkan perempuan itu tampil seksi untuk menarik perhatian lawan jenis, agar naluri untuk mempertahankan spesiesnya bisa berjalan dengan baik, atau bisa terwujudkan. Tetapi ketika si laki2 mendekat, disitu ada ancaman besar, bahwa bisa saja si laki2 itu melakukan kecelakaan pada si perempuan itu. Misalkan memperkosa, atau melakukan hal yang lebih buruk daripada itu. Atau mengajak hubungan seksual tapi maaf, setelah itu pergi lagi. Ketika si perempuan hamil, dia akan bener2 kehilangan kemampuan untuk mempertahankan dirinya, dan lain sebagainya. Jadi pertimbanganya itu banyak sekali. Inilah dilema yang dimaksud seperti itu. 

Kalangan feminis banyak yang mengatakan gak seperti itu, perempuan tampil cantik tampil seksi untuk dirinya sendiri, untuk kepuasan dirinya sendiri. gak gitu baraya. Perempuan tampil seksi itu, tampil cantik itu karena memang naluri untuk mempertahankan spesiesnya, untuk menarik lawan jenisnya. Dan ini hampir terjadi di semua spesies di dunia. Apa faidahnya tampil untuk dirinya sendiri untuk kepuasan dan lain sebagainya?
Kepuasan pribadi itu muncul karena dirinya ingin tampil menjadi menarik.

Nah dilema2 seperti ini juga bisa kita lihat, misal untuk perempuan,

  • apakah saya jadi ibu rumah tangga,
  • jadi wanita karier,
  • atau jadi keduanya.

Kalau saya jadi ibu rumah tangga, maka saya akan sangat ketergantungan dengan si laki2 secara ekonomi. Naluri untuk mempertahankan dirinya, itu akan terkoyak disitu. Dia tidak memiliki daya tawar, seandainya si laki2nya jahat, atau selingkuh, atau apa. Kalau seandainya si perempuan itu berkarir, maka si perempuan itu akan kehilangan momentum atau kenikmatan untuk melestarikan spesiesnya. Dia jauh dari anak2nya, dia gak bisa bermain dengan anaknya, yang itu adalah naluri untuk dirinya sendiri. 

Kalau dia memilih kedua2nya, memilih berkarir dan menjadi ibu rumah tangga sekaligus, maka capeknya luar biasa. TIDAK banyak perempuan yang bisa menjalani itu secara baik, untuk kedua2nya. Biasanya banyak diantara perempuan yang akhirnya memilih salah satu.

Nah dilema seperti ini kan tidak dimiliki oleh laki2. Makanya kalau misal si perempuan itu jadi membingungkan, karena hidupnya itu adalah dilema. Nah karena si perempuan itu menghadapi dilema terus2an maka cara kerja otaknya juga berbeda dengan cara kerja otak laki2.

CARA KERJA OTAK perempuan itu cenderung menghubungkan dua otak sekaligus, yaitu kanan dan kiri. Dan mereka bergerak secara beriringan, dan berkesinambungan.
Ini berbeda dengan otak laki2. Otak laki2 itu besar sebelah, biasanya lebih besar yang sebelah kiri, dan yang lainya kecil. Dan hubungan dari si otak laki2 itu adalah dari depan ke otak belakang. Menerima rangsangan, menerima informasi, kemudian dia eksekusi. Gitu aja si laki2 itu, "monoton" Jadi bagian otaknya bekerja bersamaan demi apa? multi tasking, agar si perempuan itu bisa melakukan banyak hal sekaligus.
Kenapa seperti itu? karena si perempuan menghadapi dilema yang harus dia lakukan secara bersama2. Makanya perempuan bisa, telfonan untuk urusan kantor sambil ngasuh bayi.

Catatan kaki :
Meski sudah umum disepakati bahwa otak laki2, perempuan berbeda dalam kompisisi, bentuk, dan kinerja. Tetapi Februari 2019 terbit buku dari ibu rippon judulnya gendered brain yang membantah atau mengkritik metodologi buku2 pendahulunya.

Di buku itu, ibu rippon menjelaskan bahwa sebagian besar perbedaan laki2 dan perempuan yang dianggap karena faktor neorologis ternyata karena faktor pengalaman atas sosialisasi gender, yang bahkan sudah ditanamkan 10 menit  sejak kelahiran. Pendapat saya sepintas buku ini ditulsi dengan agak frustasi dan marah marah.
Dan menyebut banyak penelitian dibuat nanggung dengan sample yang terlalu sedikit. Tetapi ibu rippon sendiri belum menunjukan idenya secara keseluruhan. Kritik kritiknya atas berbagai penelitian juga belum dibarengi dengan penelitian sanggahan. Jadi kita tunggu saja perkembangan selanjutnya.



jelaskan Yang secara umum saja yang
share konvensional bahwa otak laki-laki
dan otak perempuan itu memang berbeda
secara geologis nah lalu balik lagi ke
cerita konvensional tadi karena otak
laki-laki itu depan belakang depan
belakang depan belakang sedangkan
Kwan itu kanan kiri kanan kiri maka
mereka menghasilkan kelebihan dan
kekurangan masing-masing si perempuan
itu lebih mudah menyimpulkan Tetapi
lebih susah untuk mengambil keputusan
lebih mudah menyimpulkan karena otak
kanan dan otak kirinya bergerak
bersamaan ketika dia Misalkan ngobrol
sama seorang laki-laki atau seorang yang
lain dia bukan hanya mendengar suaranya
dia bukan hanya menerima pesan-pesan
yang disampaikan melalui bahasa Tetapi
dia mengerti mikro ekspresi nada naik

turun suara kemudian gesture mimik muka
dan sebagainya dan inilah yang akhirnya
menyebabkan perempuan lebih susah untuk
dibohongi karena dia berbicara bukan
hanya secara bahasa literal tetapi
hal-hal yang lain dia lihat ini juga
alasan kenapa misalkan perempuan itu
misterius kadang-kadang ngerasa nyaman
sama si cowoknya kadang-kadang bete gitu
karena dia melihat bukan hanya apa yang
disampaikan tapi sekelilingnya bahkan
perempuan bisa merasa sangat nyaman
hanya gara-gara si cowoknya itu tampil
dengan pakaian yang lebih rapi atau
Hai yang ditata lebih rapi gitu doang
gitu si cowok nggak ngerti ini maksudnya
apa sih karena gua ngomongnya gini tapi
dia Maksudnya ke sana ia karena si
perempuan itu melihat segala sesuatu
dengan lebih luas begitu nah tapi
kelemahannya adalah si perempuan jadi
susah untuk mengambil keputusan misal
Begini saya punya duit 100.000 uang itu
adalah uang dingin beli baju jangan beli
baju jangan si perempuan Butuh waktu
lama untuk memutuskan Apakah harus beli
baju atau jangan kenapa karena hal kalau
beli baju berarti untuk mempertahankan
spesiesnya naluri mempertahankan
spesiesnya tampil cantik menjadi menarik
Tetapi kalau belanja berarti duitnya
habis naluri untuk mempertahankan
dirinya menjadi hilang jadi mengambil
keputusan itu susah dan lama dan itu
menyetir kait dengan dua otaknya
sekaligus Oke diputuskan beli baju
datanglah ke mall beli baju sebelum mau
beli baju ke sana dia melihat ada baju
lain yang juga bagus kesana milih atuh
mana Yang ini Bingung lagi delay
lebih mengambil keputusannya susah lama
sekali akhirnya diputuskan Ya udahlah
ngambil ke sana Setelah sampai di toko
dia melihat ada baju warna merah ada
baju warna putih Aduh yang mana ya
Bingung lagi dia pusing mikirin yang ini
atau yang ini mengambil keputusan untuk
perempuan itu adalah sesuatu yang sangat
sulit untuk umumnya perempuan tidak
semua ya tapi keumumannya seperti itu
Okelah beli baju yang merah Udah dibawa
pulang Udah dibawa pulang nyesel Aduh
kenapa beliau ini kenapa enggak yang itu
gitu Jadi si perempuan itu seringkali
menghadapi dilema-dilema atau
keputusan-keputusan yang dia sesali
kesulitan wanita dalam mengambil
keputusan inilah yang pada akhirnya
sering kita kenali dalam kehidupan
bermasyarakat cowok sama cewek cowoknya
ngajak saya Kita makan yuk ayuk Mau
makan apa terserah deh kau mi ayam yuk
Janganlah kepedesan Ya udah batagor
jangan pakai sambel enggak pengennya
nasi oh nasi nasi padang nasi padang yuk
enggak terlalu berlemak lah
di pusingkan siap dibaginya dengan nasib
pegawai 2004 barumu Tegal aja yuk atuh
jangan warung tegal atau itu pesannya
gimana gitu jangan yang agak murah-murah
teuing atuh Emangnya gimana kita teh ya
Terus kamu makannya apa ya terserah
Kenapa banyak perempuan yang seperti itu
salah satu Alasannya karena memang dia
sulit untuk mengambil keputusan Walaupun
dia sudah bisa mengambil kesimpulan
banyak sekali laki-laki yang mengeluhkan
istilah Terserah dari para perempuan itu
yang membingungkan mereka tetapi saya
harap sih dengan video yang barusan
Ajeng sekarang kita simak Mbak ya
sedikit banyak mulai paham kenapa
seperti itu dan kelanjutannya adalah
perempuan mengucapkan Terserah itu
karena dua alasan utama yang pertama itu
adalah karena dia susah mengambil
keputusan dan yang kedua adalah karena
dia pengen dipahami nah gimana cara di
memahami perempuan tapi enggak pakai
kata-kata anak ini pentingnya yang saya
bilang tadi perempuan itu berkomunikasi
dengan semua hal yang dia miliki kala
itu jadi bukan hanya bahasa laki-laki
itu Piece
kita laki-laki itu kacamata kuda karena
kalau berkomunikasi dia hanya
mendengarkan kata-kata saja perempuan
tidak gesture suasana tampilan rambut
semuanya itu dijadikan alat komunikasi
bagi si perempuan itu JAdi misal ketika
perempuan pakai baju merah itu
sebenarnya adalah tantangan terhadap
perempuan yang lain perempuannya sendiri
tidak sadar bahwa itu adalah tantangan
tetapi itu adalah alam bawah sadarnya
Nah si laki-laki susah untuk memahami
ini er ginilah kita main kuis-kuisan wis
wis anak SMA jaman dulu ya kalau
laki-laki bisa menebak ini berarti
Laki-laki itu punya kemampuan khusus

untuk bisa menebak karakteristik
perempuan dan bisa menebak apa maunya
perempuan nih permainannya gini ya
simulasi ceritanya ada nyamuk
Hai Berapa nyamuk yang mati
Hai benar 33 Saya ulang ya
Hai sekarang berapa
Oh ya dua kalau bahaya bisa nebak
berarti Baraya bisa menjelaskan alam
pikiran cewek kalau nggak bisa masih
bingung berarti Emang berani nggak bisa
berbakat memahami alam pikiran cewek
saya ulang lagi ya Ini Berapa nyamuk
yang mati perhatikan baik-baik

Hai jangan terkecoh sekarang berapa
yo yah 44 nyamuk yang mati tuh lihat
buatkan bodoh blepotan ternyata pulpen
Ya kurang lebih Begitulah Ya itu
simulasi kecil-kecil aja kalau bahaya
bisa menebaknya cukur tapi intinya
begini Baraya kalau Baraya tidak
memahami pihak lain jangan salahkan
pihak itu jangan-jangan menganggap kalau
Baraya tidak bisa mengerti perempuan
kemudian si perempuan itu yang salah


Kenapa sih susah banget yaitu mebraya
aja yang salah kenapa tidak bisa untuk
menjelaskan kalau ada laki-laki yang
mengatakan bahwa perempuan itu susah
ditebak mungkin si laki-laki itu miskin
pengetahuan kalau ada laki-laki yang
mengatakan Dasar cewek matre mungkin
karena dianya memang kere karena hanya
laki-laki kere yang menyebut perempuan
matre Ya kurang lebih seperti itulah ya
terima kasih karena sudah menyimak

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Korupsi dan Penjajahan | Catatan Guru Gembul

  Saya kemarin cerita ke murid2 saya di sekolah , cerita bahwa di Indonesia KORUPSI itu susah untuk diberantas. Misalkan PAK SAMBO divonis sekian tahun penjara. Siapa yang membuktikan? bahwa nanti dia akan tetap tinggal di penjara? saya katakan seperti itu. Mungkin aja dia ganti identitas, terus dia pindah pulau, pindah negara, dan sebagainya. Atau malam2 bisa keluar, kan pernah ada kejadian yang seperti itu. Karena ada contohnya, ada berita yang keluar.    Kan misalkan begitu, ini mah kan hayalan. Kan misalkan begitu...   Putus Asa . Saya katakan, jadi kalau misalkan kita mau memberantas soal korupsi, kita gak bisa bilang bahwa hukuman mati buat koruptor dan sebagainya. Gak sesederhana itu, saya jelaskan bahwa KORUPSI itu begini, begini, begini. Kemudian saya tanya , sebagai guru kan, setelah saya ajukan masalahnya. Kira2 menurut kalian, apa solusinya? Mereka itu kompak jawabnya, pak sudahlah pak, jangan bahas yang kayak gini terus. Kalau misalkan kita mau maju, kita undang lagi pemer

Masalah Pendidikan - Catatan Guru Gembul

  Guru Gembul . Berikan tepuk tangan untuk Bang guru gembul. Emang tinggal di Bandung?  Tinggal di Bandung, saya kan? orang Bandung.  Kirain sudah berkarir di Jakarta.. Saya itu dulu suka main PS. Jadi si avatarnya di dalam PS itu kalau bikin  orang gitu, buat diberantem2in, itu namanya GEMBUL apa gitu. Sedangkan  Gurunya karena guru?  Gurunya  karena saya profesinya  dalam tanda kutip ya, adalah  guru. Sampai sekarang masih mau ngajar?  MASIH..kemarin aja saya ngajar di sekolah.  Tapi itu tetap seperti guru-guru di SD Negeri atau apa? atau gimana? Guru honor  tidak tetap sih. Guru Honor, spill donk... gaji berapa sih? guru honor sekarang berapa?    Iya sekitar 900ribu sampai sejutaan, sebulan. K alau yang temen-temen saya itu bisa sampai 150.000  ada yang 200ribu. Ada juga yang bertahun2 gak dapat? jadi ikhlas aja makanya ya?  Sensasi . Makanya di sini tuh di negeri kita tuh.. Jadi ada orang-orang yang cari sensasi bikin kerusakan moral dan  lain-lain itu gajinya gede banget. Guru tu

Banjirnya Ilmu Pengetahuan | Catatan Guru Gembul

  Disklaimer Ini adalah transkrip dari youtube perbincangan Helmi Yahya dengan Guru Gembul. Jadi kalau mau melihat lebih lengkap, bisa langsung saja ke sumber perbincanganya.    Zaman Media . Sekarang itu zaman media. Jadi kalau misalnya (ada pertanyaan) Pengetahuanya darimana? Itu sebenarnya pertanyaan kurang relevan untuk zaman sekarang. Karena kita (untuk) mengetahui / akses untuk mendapatkan informasi itu banyak sekali kan? (Untuk Zaman) Sekarang pertanyaan yang paling utama BUKAN Darimana kalian mendapatkan Pengetahuan?  Tetapi darimana? (kita mengetahui bahwa) Pengetahuan itu BENAR, Pengetahuan itu bisa DIVERIFIKASI.   Kurasi menjadi penting?  kegiatan mengelola benda-benda dalam ekshibisi di museum atau galeri Iya itu penting. Kan kalau misalkan dalam metodologi ilmu itu, setelah kita mengumpulkan sebanyak mungkin sumber, kita mampu mengkritik sumber itu. Nah kita sekarang, di zaman digital, di zaman cyber, di zaman yang entah namanya apa ini? yang setiap sepuluh tahun itu namp