Langsung ke konten utama

Masalah Pendidikan Kita -Catatan Pandji Pragiwaksono

 

Kita itu pingin banget ngasih semuanya untuk anak2 kita, karena kita sayang sekali. Masalahnya gak semua yang anak kita butuhkan, itu bisa dibeli pakai uang. Contoh kepercayaan diri. Menurut gua, kepercayaan diri itu kunci sekali. Kadang2 kita lihat orang gak ada bakatnya, tapi kok ada di tivi mulu? yaudah pede doang modalnya. Kalau ada orang bakatnya luar biasa, gak punya PEDE, gak kemana-mana. Maka percaya diri, itu kunci sekali.

Ada seorang anak yang gak mau masuk sekolah karena yang lain sudah bisa baca tulis, tapi aku belum,aku goblok. Itu anak TK nol besar, anak TK nol besar gak seharusnya ngomong kayak gitu. Emang dia gak mesti bisa, tapi beberapa SD, yang ilegal. Ini ilegal ini, gak boleh ini. Ujian masuknya itu pakai baca tulis. Makanya beberapa TK itu suka ngajarin. Anak ini gak bisa, tapi yang lain sudah bisa. Dan dia mengalami presure itu. Anak usia 6tahun, malu karena gak bisa baca tulis. TIAP orang bakatnya beda2.

Nak.. anak ini itu gambarnya jelek, bukan berarti dia bego, tetapi kamu bakatnya di gambar. Sebaliknya kalau kamu belum bisa baca tulis, dan kemudian dia bisa, bukan berarti dia bego nak, artinya bakatnya dia bukan di baca tulis. Kamu ngerti, ngerti ayah....udah main dulu sana.


Jahatnya pendidikan Indonesia adalah ketika setiap anak tidak bisa yakin bahwa dia berbeda dengan orang lain, itu jahatnya pendidikan di Indonesia. Padi gak akan pernah bisa jadi jagung. Padi lho threat sebagai padi, jagung lho threat sebagai jagung. Yaudah jangan disama2in. Masalahnya pendidikan kita, semuanya harus di standarisasi, itu kan masalah dengan UN, itu masalah dengan UN. Setiap sekolah beda2, setiap anak beda2, tapi kalau lho lulus, begini caranya, kan gak gitu caranya. 

 

Einstein pernah bilang setiap anak adalah jenius, tapi kalau kau nilai ikan dari cara dia memanjat pohon, ikan itu akan merasa bodoh seumur hidupnya. Dan itu masalah kita di Indonesia. Einstein juga pernah bilang, bayangin waktu SMP, dia ngomong ke gurunya, dia gak setuju dengan sistem pendidikan dengan cara hafalan, karena itu mematikan kreatifitas, dan mematikan semangat belajar. Keluar dia dari sekolah, -waktu SMP. Salah satu ciri, bahwa pendidikan di Indonesia masih bermasalah adalah, karena beberapa institusi pendidikan di Indonesia untuk hafal. Memang bukan itu kuncinya, kuncinya adalah faham, dan tahu bagaimana aplikasinya. Gak mesti dihafalin... 

Contoh gini deh, untuk semua yang ngaku fans nya manchester united, sebutin satu saja pemain MU yang paling hebat sepanjang masa. Bisa gak? bisa pasti... diajarin gak? di sekolah? enggak. Tapi kenapa dia bisa? kenapa dia hafal? karena....? dia MINAT. Maka kuncinya bikin donk anak ini minat, bukan paksa dia untuk ngapal. Kalau memang gurunya bagus, bikinlah ni anak minat. Kalau gak minat? kan ada google, zaman sekarang terbukalah sama teknologi, pakailah google. Gak papa, lagian... hal2 yang kita sibuk2 hafalin dulu, sekarang belum tentu bener. Contoh nih...

Waktu di zaman kita SD dulu, di zaman kalian SD, ada berapa planet di tatasurya? 9. Sekarang tahu gak? berapa planet? 12. Kita mikir 8, karena kita mikir, pluto keluar kan? TAPI sekarang ada planet baru, di tatasurya kita, namanya dwarf planet, planet2 kecil. Total sekaragn 12, planet di tata surya  kita. Buat apa? kita capek2 ngapalin dulu? sekarang salah? KARENA GURU itu adalah idola kita, karena kita kadang lebih sering ketemu guru, daripada ketemu dengan orang tua kita.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Korupsi dan Penjajahan | Catatan Guru Gembul

  Saya kemarin cerita ke murid2 saya di sekolah , cerita bahwa di Indonesia KORUPSI itu susah untuk diberantas. Misalkan PAK SAMBO divonis sekian tahun penjara. Siapa yang membuktikan? bahwa nanti dia akan tetap tinggal di penjara? saya katakan seperti itu. Mungkin aja dia ganti identitas, terus dia pindah pulau, pindah negara, dan sebagainya. Atau malam2 bisa keluar, kan pernah ada kejadian yang seperti itu. Karena ada contohnya, ada berita yang keluar.    Kan misalkan begitu, ini mah kan hayalan. Kan misalkan begitu...   Putus Asa . Saya katakan, jadi kalau misalkan kita mau memberantas soal korupsi, kita gak bisa bilang bahwa hukuman mati buat koruptor dan sebagainya. Gak sesederhana itu, saya jelaskan bahwa KORUPSI itu begini, begini, begini. Kemudian saya tanya , sebagai guru kan, setelah saya ajukan masalahnya. Kira2 menurut kalian, apa solusinya? Mereka itu kompak jawabnya, pak sudahlah pak, jangan bahas yang kayak gini terus. Kalau misalkan kita mau maju, kita undang lagi pemer

Masalah Pendidikan - Catatan Guru Gembul

  Guru Gembul . Berikan tepuk tangan untuk Bang guru gembul. Emang tinggal di Bandung?  Tinggal di Bandung, saya kan? orang Bandung.  Kirain sudah berkarir di Jakarta.. Saya itu dulu suka main PS. Jadi si avatarnya di dalam PS itu kalau bikin  orang gitu, buat diberantem2in, itu namanya GEMBUL apa gitu. Sedangkan  Gurunya karena guru?  Gurunya  karena saya profesinya  dalam tanda kutip ya, adalah  guru. Sampai sekarang masih mau ngajar?  MASIH..kemarin aja saya ngajar di sekolah.  Tapi itu tetap seperti guru-guru di SD Negeri atau apa? atau gimana? Guru honor  tidak tetap sih. Guru Honor, spill donk... gaji berapa sih? guru honor sekarang berapa?    Iya sekitar 900ribu sampai sejutaan, sebulan. K alau yang temen-temen saya itu bisa sampai 150.000  ada yang 200ribu. Ada juga yang bertahun2 gak dapat? jadi ikhlas aja makanya ya?  Sensasi . Makanya di sini tuh di negeri kita tuh.. Jadi ada orang-orang yang cari sensasi bikin kerusakan moral dan  lain-lain itu gajinya gede banget. Guru tu

Banjirnya Ilmu Pengetahuan | Catatan Guru Gembul

  Disklaimer Ini adalah transkrip dari youtube perbincangan Helmi Yahya dengan Guru Gembul. Jadi kalau mau melihat lebih lengkap, bisa langsung saja ke sumber perbincanganya.    Zaman Media . Sekarang itu zaman media. Jadi kalau misalnya (ada pertanyaan) Pengetahuanya darimana? Itu sebenarnya pertanyaan kurang relevan untuk zaman sekarang. Karena kita (untuk) mengetahui / akses untuk mendapatkan informasi itu banyak sekali kan? (Untuk Zaman) Sekarang pertanyaan yang paling utama BUKAN Darimana kalian mendapatkan Pengetahuan?  Tetapi darimana? (kita mengetahui bahwa) Pengetahuan itu BENAR, Pengetahuan itu bisa DIVERIFIKASI.   Kurasi menjadi penting?  kegiatan mengelola benda-benda dalam ekshibisi di museum atau galeri Iya itu penting. Kan kalau misalkan dalam metodologi ilmu itu, setelah kita mengumpulkan sebanyak mungkin sumber, kita mampu mengkritik sumber itu. Nah kita sekarang, di zaman digital, di zaman cyber, di zaman yang entah namanya apa ini? yang setiap sepuluh tahun itu namp